Klapertaart

Klapertaart alright Deadly irresistable! 

Custard pudding filled with kenari {walnut??} and fresh young coconut, topped with soft meringue. This recipe yields tons of cups! But what the heck, they’ll all be gone before you know it, ‘coz one is never ever enough!

Thanks to Ruri for sharing the recipe {she took a class at Wilton Fatmawati to get this recipe. So, thanks to you too, Wilton Fatmawati}

KLAPPERTART WILTON

1000 cc fresh milk
250 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
50 gr tepung custard
50 gr maizena
150 gr mentega
6 btr kuning telur -> bisa ditambah max 3 btr
2 btr kelapa muda -> note: tambahin lebih enak
100 gr kenari panggang cincang
kayu manis bubuk
 
Note: kalo suka dan boleh minum alkohol, tambahin rhum pasta/essence

 

Topping :
6 btr putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
kismis direndam air hangat, peras dan ciprati rhum
kayu manis bubuk
  1. Panaskan 800 cc fresh milk dan gula pasir
  2. Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk
  3. Masukkan campuran susu dan tepung kedalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup. Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
  4. Masukkan kenari dan kyu manis bubuk dan rhum essence/pasta
  5. Masukkan kuning telur satu persatu
  6. Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
  7. Masukkan adonan kedalam cup sampai ¾ tinggi. Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang
  8. Kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku
  9. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
  10. Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk
  11. Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan.

47 thoughts on “Klapertaart”

  1. gue pernah di Manado cukup lama, klapertaart-nya emang super enak, yg gue tahu biasanya terigunya diganti roti tawar, but it’s ok. gue mo cobain resep ini en ntar gue ceritain hasilnya.

  2. erhmm..enak ga nih resep??mao dicoba buat nich..soon..ditunggu yah kabarnya serta komen2 en kritik..hohoho..

    Waaah, ini enak bangeeeeet…!! Udah diuji sama seisi milis.. Udah pada jualan juga.. Merem melek deh.. hihihi..🙂 —–Riana

  3. klapertart nya uda di coba buat semalem..en uda dikulkas semaleman..hasilnya success.hehe..enaKK!senangnya..THXX yah resepnya!! ^^\/

    Congratulation….! aku bisa ikut ngerasain senengnya…🙂 —-Riana

  4. Bu Riana, diresep klappertaart ibu kok ada kata2 “Bakar dengan cara ditim”. Bagaimana caranya itu? Apakah maksudnya dimasukan oven? Atau di tim (dimasak dengan uap air panas) seperti nasi tim, siomay dll? Mohon dijelaskan…terimakasih…sudah kepingin nyoba nih klappertaart versi ibu…


    Jeng Hermien, dua-duanya jeng, dimasukkan ke oven sambil direndem air. Bahasa jawanya “Au Bain Marie”. lihat penjelasannya di sini ya.. ———–Riana

  5. Udah nyoba juga neehhh… dan hasilnya temen2 kantorku pada mo pesen… Thanks ya Mbak Riana

    Thanksnya ke Ruri dehh..😀 .. ———Riana

  6. enak banget resepnya, malah aku udah jualan. Thx ya. Tp banyak org manado yg nyoba buatanku, katanya kurang lemes klappertaartnya, terlalu kaku. Gimana ya supaya bisa lemes halus? thx.

    Waks, justru banyak yang bilang ini terlalu lemes dan halus. Mungkin maksudnya kayak Klappertaart Menado yang pake roti ya? *lah itu malah lebih kenceng lagi klappertaartnya*bingung* —————Riana

  7. Ini kue kedoyanan Bokap gue. I miss him dearly….Pengeeen banget coba bikin, in honour of my dad, tapi di Melbourne ini it’s almost a mission impossible buat ngedapetin kelapa muda seger. yang ada dijual semuanya udah dibekuin. Ada sih yang dari Queensland, katanya seger, tapi sering bau tengik.

  8. Mbak, saya sering gagal bikin toppingnya. Sering menciut mengecil. Kenapa ya? saya dah bikin sesuai resep. Thx.GBU

    Normal kok, say.. Jadi pas nyemprotnya emang kudu banyak dan tinggi kalo mau dapetnya tebel. Ruri si empunya resep ini, malah selalu bikin toppingnya dua kali lipet (2 resep), jadi bisa tebel toppingya. ————-Riana

  9. klappertaart ini kalau ga disimpen di lemari es, tahan sampai berapa lama ya? Thx

    Wah, paling top 2 hari-an deh. Sebaiknya masuk kulkas.. ———Riana

  10. mbak ri..itu toppingnya dipanggang biasa kan? bukan au bain marie? jadi masuk oven 2 kali gitu ya?
    eh di blog NCC ada yg pake karamel dan pisang raja, gimana masukinnya? masukin karamel dan tuang adonan custard lalu masuk oven gitu ya? brp banyak gula dan airnya? kaloyg pake pisang raja gimana? trus pengganti rhum buat nyipratin kismis pake sirup apaan enaknya, ya mbak? hehehe sorry..nanya banyak bgt.

    Tetep di au bain marie. Iya, masuk oven 2 kali.
    Klappertaart Karamel dan Pisang resepnya rada beda tuh. Tungguin aja di milis deh..
    Kalo aku sih kisimisnya direndem air panas doank supaya gendut-gendut. Kalo mau ganti rhum, bisa pake sari buah, kayak grape juice. —-Riana

  11. Hallo Mbak Riana,
    Saya baru pertama lihat blognya… asik banget lho!😀 BTW, saya mau tanya nih tentang resek klappertartnya. Kalau saya nggak bisa nemu custard powdernya, sebaiknya diganti apa yah? Thanks!

    Mira, makasih ya udah mampir. Blognya gak asik, makanannya yang udah dari sononya asik😀
    Custard powder,… ummm.. kandungannya sih kalo gak salah dominannya maizena. Mungkin bisa diganti maizena, tapi aku belom pernah coba. Custard powder termasuk bahan yang umum kok di TBK, pasti ada. Di supermarket yang besar juga biasanya ada. Happy hunting ———Riana

  12. mbak, aku pernah bikin pesenan, dah aku simpen di lemari es, dah dingin, trus aku kirimin. aku dicomplaint kr dalamnya mencair. pernah jg untuk dibawa keluar kota pake pesawat, eh… sampe disono cair jg. kenapa ya kira2? aku sampe malu.
    Yg kedua, mau nanya toppingnya dah aku tebelin sesuai saran mbak, tp tetep menciut/mengecil. knp ya? apa ga mau suhu terlalu panas? aku kl bakar pake suhu 170 drj. Thx ya. Aku banyak nanya. Hehehe

    Seharusnya sih kalo disimpennya di kulkas bawah (refrigerator) gak mencair ya. Kalo simpennya di freezer, baru deh dia mencair ketika di suhu ruang. Aku belum pernah ngalamin kasus seperti ini. Apakah panas-panas udah dimasukin ke kulkas?
    Gak apa toppingnya gak terlalu tebal, wajar aja kok. Coba kasih 1 sdm gula pasir ke putih telur sebelum dikocok, biasanya putih telur akan lebih stabil kokohnya. Btw, berhubung pakarnya klapertaart adalah foodblogger juga🙂, mungkin kalo kurang puas bisa ‘ngadu’ ke Ruri. *dadah-dadahin Ruri* ——-Riana

  13. mba riana, heleww aku mo nanya. aku punya resep klapertaart dari tante. bedanya sama resep mba riana cuman tepungnya + maizena gak dimasak tapi dicampur langsung ke adonan telur, susu, air kelapa & gula. tapi hasilnya tepungnya semua ngendap di bawah jadi bagian bawahnya agak keras. tapi atasnya enakk. menurut mba apanya ya yang salah. soalnya klapertaart tanteku itu lebih lembut dan agak basah, mirip mirip puding gitu.. aku rasa kalo mba riana yang bikin pasti jauuh lebih enak. ditunggu jawabannya ya mbak. thankssss

    Gak ada yang salah, say. Beda style aja kayaknya. Minta donk resepnya, kali aja pas aku yang bikin jadinya es kelapa, huehehe… ————–Riana

  14. punya resep cake yang bahannya alpukat ga??

    Belooom… Baru mau nyoba Cake Kesemek nih, nyari kesemek lagi gak ada di pasar.. ———-Riana

  15. aku dah nyoba en kata temen2 ku enak…dan minta dibikinin lagi, cuma tantenya temenku yg jago masak bilang “custard nya kebanyakan tepung,mestinya malah maizena” itu maksudnya apa ya?? aku ga ngerti..(maklum ini pertama kali nya aku masak, apalagi bikin kue..) apa maksud dia kebanyakan tepung nya dari maizena nya?? padahal aku dah ngikutin semua ukuran yg ada di resep…
    bantu aku dong mbak…
    thanks

    Huehehe… mungkin maksudnya adonan custardnya sebaiknya pake tepung maizena semua, gak pake tepung lainnya (mungkin loh). Resep Klappertaart emang macem-macem, say. Modelnya juga ada yang pake roti, ada yang custard kayak gini. Jadi mungkin tantenya temenmu itu punya selera dan pilihan resep sendiri yang agak beda, bukan berarti kamu salah bikinnya. ——–Riana

  16. riana thanks jawabannya, lega deh aku hehehehe…
    dan yang bikin aku seneng juga, aku jadi kebanjiran pesenan niy (cieeee..) temen2 ku pada pesen, cuma yang aku bingung sekarang, ngasi harganya berapa ya klo aku pake kotak aluminium foil ukurannya aku lupa tapi kira2 sebesar kotak aluminium foil makanan dari pswt garuda gitu???

    anyway makasih banget resepnya…

    Terimakasihnya ke Ruri dan toko Wilton Fatmawati🙂
    Berhubung aku gak jualan klappertaart, kayaknya kamu harus itung sendiri deh harga jualnya. Yang aku inget cuma di supermarket tuh kemasan cup kecil bundar 5000 perak satunya. Selamat jualan ya, semoga untung banyak dan happy! ——Riana

  17. Riana… aku dah nyoba resep ini… cuma rada bingung jg krn bawahnya kok jadinya rada lembek ky vla kue sus yach… apa emang gitu seharusnya… soalnya ini baru kali pertama aku nyobain maem & bikin klapertaart… hehehehe……… btw jadinya ueeenak banget… thanks resepnya specially for mbak Ruri.

    Iya emang gitu seharusnya. MEmang makannya disendokin ———-Riana

  18. May I have this recipe in English (laughs). I am a Pacific Islander, and the love for fresh coconut – this recipe invites the shores of home echoing with the swaying of the Coconut Trees. Trying to envision my mother climbing them as well.

    Thanks!

    I hope I can find time to translate this.. *sigh*… ———-Riana

  19. what a lovely blog!!… aku ‘dah coba nih resep ini, ada di buku HMFF nya NCC juga, buat pemula kayak diriku tnyata gampang kok dan ennnyaaaakk bangeeedd….walaupun buatnya penuh perjuangan, secara masih pake otang :)) tambah semangat nyoba-nya soalnya disini ditambahin tricky2 nya…tks ya Mba’ Riana… *salam dari Ido..:p*
    cheers
    Nia

    Salam balik!😀 ———–Riana

  20. aku nyontek resepnya ya mba..
    klo gak pake custard bisa gak yah???

    Bisa aja, tapi kayaknya kudu diganti sama tepung maizena. Soalnya nanti kurang kentel. Soal rasa, kemungkinan juga beda sedikit ya. ———Riana

  21. wahhh…keren juga nih ada blog soal klapertaart.aku juga jualan ini resep dari oma asli manado punya skg aq disby.tapi ga pake custard pakenya maizena yg lainnya sama kyk resep atas.tahan dikulkas ampe 5 hari,kalo aku doyannya adonannya byk tepung pake rum byk tapi gak perlu kenari trus klapertaartku gak pake dioven soalnya kt omaku dioven itu buat matengin kenarinya aja trus atasnya jadi agak keras.hasilnya ok juga kok meski ga pake toping putih telur cuma kismis n cinammon aja.
    soal topingnya (dari resep diatas)mmm uenak bgt sdh aq coba

  22. Riana, salam kenal .. saya numpang nge-link resep klappetartnya ya.. Dah saya coba bikin, nyammmi banget. Terimakasih. Saya tau resep ini juga dari Ayin Food`s. Met beraktivitas Riana.

    Salam, Judith.

  23. Mbak…aku nyontek ya resep klapertaart sama NY cheesecakenya…. Yg terakhir malah aku udah praktek duluan (hihi…maaf yaa) abis waktu itu mo leave comment kok failed terus…. NYCC-nya uenakkk tenannn… Thanks ya mbak…

  24. Assalamu’alaikum..
    Salam kenal, mbak..
    Ni aku lagi nyari resep klappertaart dan nemu blog mbak.. Kayaknya patut di coba nih! klappertaart ini termasuk type klasik ato modifikasi? Kalo mau modifikasi enaknya ditambahin apa ya mbak? Yang macth ma kelapa gitu..O ya, mau tanya lagi, milis tu apa sih mbak? Aku baca di comment buat mbak. Apa, buat apa, dan gimana cara aksesnya? Apa blog mbak ni termasuk milis? Tolong penjelasannya ya mbak..

    Klasik, custard type, ma’emnya disendok, bukan yang bisa tegak pake roti tawar itu. Modifikasinya bisa keju, coklat, banyak deh waktu itu dikursusin di NCC. Milis tuh mailing list, say. Yang kayak di yahoogroups or googlegroups itu loh. Kamu mau ke milis NCC? Ke http://www.ncc-indonesia.com aja gih, nanti di kiri bawah ada kotak buat masukin alamat emailmu kalo mau daftar. Nanti kamu akan dapet email konfirmasi, terus ikutin aja perintah-perintah selanjutnya dari email-email itu ya. Sampe ketemu di milis NCC🙂 ——–Riana

  25. emang mba nih klappertart enak bgt!txs buat almarhum mba ruri yg uda mau sharring resepnya,dr resep ini uda hasillin duit yg lumayan lho!bsk senin ada pesanan lg tuh…ayo mba bikin esperimen lg yg enak2 biar aku bisa ikutan nyontek..he..he…

  26. Mbak Riana…..lamaaa banget gak berkunjung kesini…ternyata, speechless deh gw..masih inget gak? 2TH yang lalu…Tdt Sby…:)
    Btw, aku link boleh ya?

    Inget dunk, mana bisa lupa tuh TdT bersejarah banget! Salam kangen buat temen2 di surabaya.. hiks, jadi terharu inget serunya dulu.. —–Riana

  27. aku dah nyoba lho, hasilnya enak bgt, pd suka, bangga nya bs bikin klapertart,
    tp aku mo tanya mbak, bgmn caranya biar topping gak cpt mencair, soalnya klo kelamaan menunggu pembakaran yg pertama, si topping suka agak mencair sedikit?

    Putih telurnya kasih gula pasir 1-2 sdm supaya lebih stabil. Mau lebih stabil lagi, kocoknya sambil ditim. ———Riana

  28. mbak riana..makasih banyak yaah..! saya diem2 nyobain resep ini, dan alhamdulillah berhasil. Padahal baru pertama manggang dgn au bain marie. Duhh..suami jadi makin cintrong dehh..
    Many thanx to you yah mbak..!

  29. Mba Riana, mo tanya dong, manggangnya itu harus per cup dgn bahan aluminium ya?kalo pake pyrex gitu gmn?
    ga bisa di potong2 ya?krn lembut bgt?
    aku belum pernah bikin kue nih, jd need help bgt🙂
    minta emailnya dong mba, boleh ga?
    thanks ya

    -mita-

    Bisa donk pake pyrix. Iya gak dipotong, tapi disendokin seperti custard pudding, atau seperti puding karamel. Emailku ada di “About Me”, lirik ke sidebar kanan atas dweh. Yang ada kepala tanpa badan🙂 ——–Riana

  30. Halo mbak, salam kenal ya…aku sebelumnya udah nyontek jg nih resep klappertaartnya.Ternyata yahuud beneran…thanks ya…lainkali mau nyontek lagi ah!

  31. Hi mba riana….salam kenal, lagi pingin coba buat klapatart…thx ya udh sharing resepnya, ntar kalo aq udh buat aq ksh commentnya…go..go..go🙂

  32. dear mba Riana…
    kebetulan udah lamaaa banget pengen makan klapertaart, eh dapet resep ini, pas dicobain… hmmmm yum yum lekker bangetz rasanya… penampilannya oke, rasanya apalagi. temen2 pada minta resepnya. cheers…

  33. mbak riana.. ak mw tanya dunk.. itu telurnya kan boleh ditambah smpe 3 btr, mnurut mbak yg plg enak tuh telurnya brp butir y?
    thx bgt y mbak.. sori ak nanya mulu, soalnya ak ngerasa cocok bgt sm seleranya mbak.. hehe.. thx mbak..

    Aku pake resep original aja, 6 telur, udah enak banget. ———–Riana

  34. mbak riana kalo pakai cetakan aluminium foil (yg kecil2), di au bain marie bisa gak ya?

    Bisa donk, kenapa gak? Aku bikinnya juga pake aluminum foil kecil-kecil kan?
    ———-Riana

  35. hai mbak, slm kenal yaa.. hoho. ak lg kepengen bgt bikin klappertaart, eh nemu resepnya mbak. jd semakin kepengen bikin.. hehe. besok2 klo ak udh coba resepnya boleh dipajang di blogku ga mbak (pake nama mbak riana sm mbak ruri kok..)? hoho. terimakasih yaa mbak..

  36. Mbak Riana, aku mau tanya kalo aku gak panggang tim, tapi di tim aja, kira2 hasilnya hampir sama gak? soalnya aku gak ada oven.. ada cara lain yang bisa gantiin oven gak? misalnya microwave?

  37. mba riana, udah nyoba resepnya…enaakkk. suamiku aja bilang enak. ijin posting resepnya diblog aku boleh? makasih mba

  38. mba riana, kalo di luar kulkas tahan berapa lama ya. temen saya minta dibawain ke london. di pesawat aja bisa sampe 24jam, belum lg administrasi di bandara. kalo pake susu uht sih Insya Allah tahan, tp kelapanya apa kabar? takut basi😦

    Kelapanya direbus dulu, insya Allah tahan 2 hari.
    Salam sama temennya, ya. Bilangin tulunk kirimin saya jersey Arsenal yg S bodyfit, hihihi..
    ———–Riana

  39. Mbak, barusan q bikin 1/2 resep, itupun nekad krn cm punya skm, telur 3butir; kalo nunggu smua lengkap ga bakal nyoba kan. Disertai drama anakku numpahin 1/2 adonan meringue, loyang bwt ngetim yg pendek shg masukin air panas kudu disendokin, semprotin meringue asal nyemprot n ga rata nutupin foil; akhirnya jadi juga dan enaaaaaaaak! Slma ini coba klappie roti yg tegak, jd heran, custardnya emg runny ya, or custardku aku aja yg keenceran? Makasiiiiih wilton, almh mba ruri, mba riana yg udh posting, love u:*

Leave a Reply

