Triple Chocolate Cheesecake

This is oh so good! Heaven in your mouth…

Triple Chocolate Cheesecake
(Sumber: 35 Variasi Resep-resep Cheesecake – Yasaboga)

Alas:
1 bh chocolate genoise sponge cake, belah 2 melintang

Bahan:
375 gr cream cheese
250 ml whip cream, kocok hingga kental
125 ml susu
125 gr gula kastor
60 gr white cooking chocolate, lelehkan
60 gr milk cooking chocolate, lelehkan
60 gr dark cooking chocolate, lelehkan
1 1/2 sdm gelatin
60 ml air

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang spring form (bongkar pasang), pasangkan sepotong chocolate genoise sponge cake pada dasar loyang, sisihkan yang satunya untuk keperluan lain. Jika diinginkan, anda bisa juga menggunakan plastik mika yang dibentuk berupa tabung-tabung kecil.
  2. Tim gelatin dan air hingga larut, sisihkan. Kocok cream cheese hingga lembut, masukkan susu dan gula kastor, kocok hingga larut. Masukkan gelatin, aduk rata.
  3. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama banyak, campur masing-masing bagian dengan masing-masing jenis coklat. Bagi krim kocok menjadi 3 bagian, campurkan ke tiga adonan dan aduk rata.
  4. Tuang adonan white cooking chocolate ke loyang, masukkan ke freezer hingga bagian atasnya mulai mengeras. Tuangi adonan milk chocolate, simpan di freezer. Setelah adonan milk chocolate mulai mengeras, tuang adonan dark chocolate. Tutup loyang dengan plastic wrap, dinginkan hingga mengeras (2-4 jam). Hidangkan dalam keadaan dingin.

Chocolate Genoise Sponge Cake

Bahan:
4 butir telur
100 gr gula pasir
60 gr mentega, lelehkan

Ayak:
15 gr coklat bubuk
1/4 sdt baking powder
75 gr tepung terigu serbaguna

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang persegi 20 cm, alasi dengan kertas minyak, olesi dengan margarin. Panaskan oven 175 derajat Celcius.
  2. Rebus air dalam panci lain hingga mendidih. Letakkan telur dan gula pasir dalam mangkok tahan panas di atas air mendidih tersebut. Kocok dengan mikser hingga adonan terasa hangat bila disentuh, angkat dari air panas. Kocok terus hingga kental, dan bila mikser diangkat, adonan meluncur seperti pita.
  3. Masukkan ayakan coklat bubuk dan tepung terigu secara bertahap, aduk rata. Masukkan mentega cair secara bertahap, aduk rata.
  4. Tuang ke dalam loyang, panggang selama 35 menit hingga matang, angkat.
    Keluarkan dari loyang, dinginkan.

14 thoughts on “Triple Chocolate Cheesecake”

  1. hi mbak riana,

    cheesecake yang satu ini emang uenakk banget deh. aku juga udah bikin beberapa kali. rasanya tuh lembut-lembut seperti ice cream.. melt in our mouth, and it does feel lieke heaven! hehehe.

    sekedar variasi, aku tambahin sedikit chocolate flavocol di adonan dark-nya. untuk bagian milk chocolate, aku tambahin sedikit kopi instan yang udah dilarutkan dengan air panas sedikit, dan ditambahkan sedikit kahlua. dan untuk yang adonan milk-nya aku tambahin beberapa buah cake oreo (without cream) yang udah dihancurkan kasar. wah, endang bambang, bo.. serasa menikmati three layers of heaven. each layer has its own flavor, tapi rasanya tuh nyatu banget deh.. bahkan aku punya nama sendiri untuk menyebut cheesecake modifikasi ini. it’s “THREESOME”. Hahahaha..

    Threesome! That’s an accurate name😉 ————-Riana

  2. Dear Mba Riana

    Mba, saya pengagum berat webnya Mba Riana. Wah inspiring banget buat yang pengen masak.

    Sabtu kemarin saya ingin mencoba resepnya Mba Riana:
    Triple Chocolate Cheesecake

    Namun pada saat saya mau mengocok whipcream terpecah [misah antara cream dengan air] saya pakai whc merk anchor dairy. Apa saya mengocok whc nya terlalu lama… karena kalau melihat resepnya Mba whc dikocok sampai kental. Speed mixer yg saya gunakan dari 1-2-3.

    Apakah whc yg terpecah bisa dilanjutkan untuk adonan triple chocolate cheesecake

    Mohon pencerhannya Mba…. Dan terimakasih atas jawabannya

    wah, anchor memang rentan pecah. Cream dairy memang rentan terhadap suhu hangat. Yang lebih stabil adalah cream non dairy, seperti baker’s mix, roselle, vivo, dll. Cream dairy yang lebih stabil dari anchor adalah elle & vire.
    Mengocok krim sebaiknya di ruangan yang tidak hangat. Sejuk, kalau perlu dinginkan semua peralatan yang dipakai terlebih dulu di kulkas.
    Waktu itu saya ada post link ke jurus sukses mengocok krim, coba search deh—Riana

  3. halo mbak riana..
    resep n fotonya bagus2 deeeehhhhh..
    aku baru belajar bikin2 kue nih..
    ud 3 kali aku nyoba bikin cheesecake tp selalu ga sesuai harapan.. hehe..
    nah aku mo coba resepnya mba..
    tp mo tanya dulu..
    sebenernya tekstur cream cheese yg bagus tuh kyk apa ya? ada referensi merk ato tempat belinya ga?

    thx y!!

    Cream cheese segar, teksturnya kurang kokoh dibanding cream cheese olahan (processed). Kalo pake cream cheese segar untuk JCC, sebaiknya tambahakn terigu 1-2 sdm untuk memperkokoh. Untuk bikin cheesecake, kalo nyari tekstur yang kokoh, pake cream cheese olahan. Philadelphia favoritku. Nomor duanya Anchor deh.
    Cream cheese segar, favoritku Yummy.
    Ga sesuai harapannya seperti apa, seburuk apa?
    ———-Riana

  4. aku pake yummy trs mba.. abis paling sesuai kantong, hohoho.. oo tambahin terigu yaaa.. aku emang pgn yg teksturnya kokoh gtu..

    ga sesuainya:
    1. Lemon cheesecake (yang di oven trs di kulkasin).
    resepnya martha stewart. ud semaleman aku kulkasin tp lama kerasnya trus lama2 gepeng. padahal pas di oven agak tinggi.

    Hahaha… emang tuh resep luar biasanya gitu, lama-lama turun. Yang tetep creamy dan turunnya gak terlalu banyak salah satunya Blueberry Cheesecake resep NCC. Ada di blog ini juga.

    2. Strawberry cheesecake
    aku pake ricotta cheese soalnya nyari cottage cheese (sesuai resep) tp ga dpt. jdnya agak cair jg, ampe aku taro freezer.. jd kyk ice cream, haha..

    Wah, ricotta memang lebih cair tuh. Mendingan gantinya jangan ricotta, tapi neufchatel cheese atau creamcheese (bukan yang light tapi).

    3. strawberry cheesecake (lagi, masih penasaran, hehe)
    lumayan berhasil.. but i don’t know.. i’m still thinking that there’s something wrong with my cheesecake..

    Hehehe… maybe there is, or maybe that’s only what you think🙂

    yg ketiga itu baru aj jd kmaren..
    eh btw, aku nyoba bikin roti gambang jg hari ini gara2 kmaren liat blog mba..
    berhasil! seneng deh =>
    thx lho tipsnya soal margarin itu!
    aku jg ga suka yg empuk2 bgt soalnya..

  5. mbak, bagaimana caranya menyimpan cheesecake ini? di freezer atau bukan? lalu melepas loyangnya bagaimana ya?

    Di kulkas bawah aja, gak perlu di freezer. Ngelepasnya, pake piso tipis, dijalankan sekeliling loyang, lalu buka loyangnya. Pake spatula tipis, congkel lalu dorong basenya ke atas piring saji. Ta-da! Bon a petit🙂

  6. Mbak Riana, nanya dunk, beda neufchatel cheese sama cream cheese biasa apa ya? tekstur atau aromanya lebih enak mana? kalau buat new York cheese lebih enak cake pakai yang mana ya? tks

    Rasa dan teksturnya mirip sekali, Neufchatel sedikit lebih light dari cream cheese. NYCC paling tob sih pake Philadelphia cream cheese, tapi temen-temen lain udah coba pake Anchor cream cheese oke juga tuh. Kalo dua itu gak ada, pilihan berikutnya ya Neufchatel ini. ———–Riana

  7. Mbak Riana, salam kenal yaa… fans beratnya pennylane nih.. resep2 pennylane semuanya uenak dan bikin aku dipuji2 mertua dan suami… (bangga deeh…)
    Pengen cobain bikin triple cheese cake, tapi di hong kong ga ada gelatin halal mba, kira2 bisa diganti sama apa ya mba? agar-agar terlalu jelly nggak yah?

    Gak bisa diganti agar2 or jelly tuh, beda. Mau gak mau ya gak pake gelatin. Nanti adonannya lebih lembek aja, tapi tetep jadi dan enak kok. ——-Riana

  8. haloooo mbaaa salam kenal…neubie nih soal bikin kue jadi mo tanya 2 kalo gak ada gelatin boleh di gantiin sama CMC (untuk pengental kue)gak?takarannya sama gak dgn gelatin?trimaksh sblmnya ya ba smoga mba berkenan menjawabnya.

    Wah, beda, Rie. Tapi sih, harusnya kalo di sebuah toko bahan kue ada jual CMC, mereka harusnya ada gelatine juga, karena sekarang cukup common, gak kayak dulu jarang banget. Kalo kamu di Jakarta, every TBK pasti nyediain gelatin. —————-Riana

  9. Mba ri..aku pencinta dan penikmat web-mu🙂
    Untuk resep ini gelatine yang halal merknya apa ya mba?
    Terimakasih sebelumnya🙂

    Hi Endah, thank youuu…
    wadaw, ini dulu aku bikinnya pake gelatine oleh-oleh dari Singapore, ada label halalnya tapi gak ada merknya. Kalo beli di Titan dia halal kok, bisa minta liat sertifikat halalnya. Kalo di toko lain aku gak tau. ———-Riana

  10. Mba rianaaa..
    gelatinnya bisa diganti bahan lain ga ya? Cornflour mgkn?
    Ak pnh pake gelatin tp suka berasa rasa gelatinnya di akhir rasanya pas mkn kue. Krg suka.hehe.. Thanks ya🙂

    Waduh, adonannya kan gak dipanggang say, kalo dikasih cornflour gak mateng donk, tepungnya, hehehe…
    Gelatin bisa aja dihilangkan, hasilnya nanti akan lebih lemes dan kurang “moussy”. tapi kalo krimnya pake yang non dairy dan kamu kocoknya sampe kaku banget, i see there won’t be any problem deh. ————Riana

  11. mbak Riana..
    I simply falling in love with your blog. Tiada hari tanpa buka blog mbak buat cari inspirasi. Hehee..Aku pengen banget cb buat cheesecakenya ini, tapi aku pnynya gelatin lembaran. Itu kira-kira aku pakenya berapa lembar?thx mbak!

    Nah, aku lupa tuh konversinya, hehehe.. but kayaknya setiap lembar gelatin itu 2 gram atau 4 gram gitu. Bisa tanya ke penjualnya deh, atau timbang sendiri. Samain aja jumlahnya dengan yang diminta resep. ————Riana

  12. Selamat siang, Bu Riana.
    Saya sudah bikin resep triple chocolate cheesecake dan hasilnya sangat memuaskan. Enak sekali! Kata anak saya persis sama yang pernah dibeli di Plaza Indonesia.
    Setelah whipping cream dikocok sampai keras, saya melanjutkan bikin adonan yang lain. Saat mau mencampurkan whipping cream dengan adonan tersebut, ternyata sudah tidak halus lagi, ada airnya sedikit. Tapi tetap saya campurkan dan hasilnya tetap enak.
    Tolong tanya, apakah kocokan whipping cream yang seperti itu salah atau benar?
    Terimakasih.
    Dari Ibu Nani.

    1. Alhamdulillah..
      Whipping cream memang rentan terhadap suhu, bu Nani. Dia harus selalu dalam keadaan dingin. Jadi kalau harus menunggu, masukkan ke kulkas supaya tidak mencair.
      Hasil kocokan ibu sudah benar. Tetapi lain kali sebaiknya jangan biarkan dia mencair. Segera amankan di dalam kulkas.

  13. terimakasih mbak riana resep nya!
    saya baru bulan lalu icip2 triple chocolate cheesecake beli di bakery di kota saya dan saya langsung cinta banget dan saya rencana mau bikin ini nanti.
    boleh dong mba saya tanya2 dikit😉

    1. saat menunggu 1 adonan mengeras bagian atas nya, dua adonan sisa diletakkan di kulkas atau di suhu ruang mbak?

    2. saya masih agak bingung sama whipped cream dairy & non dairy mbak😦 saya pernah beli whipped cream elle & vire pas ngocok awalnya sih dia ngembang, trus, bawah nya jadi berair gitu mbak.. ngocok nya pake lower speed kah? atau medium speed? bisa rekomen whipped cream yang oke mbak?

    makasih yaaa mba rianaa.. saya suka banget resep nya.. semoga saya sukses bikinnya !

Leave a Reply

