Choux Pastry a.k.a. Kue Sus!

Probably the first and the oldest pastry I know. Classic and always comforting.
The filling is so flexible, you can throw in anything you like. Be it custard or whipped cream -with or without colorful fresh fruits, buttercream or even chicken ragout. As for me, it’s my favorite Napoleon custard alright… Besides I still have some left in my fridge🙂
Dust with powdered sugar on top before serving. Dashing!

Kue Sus
(Sumber: Milis DapurBunda)

Bahan:
130 gr Tepung Terigu Cakra Kembar
1 sdt garam
100 gr margarine
4 butir telur
250 ml air

Isi:
1 resep Vla Napoleon atau Vla Vanilla

Cara Membuat:

  1. Air, garam dan margarine dimasak sampai mendidih.
  2. Masukkan tepung, aduk sampai matang dan tercampur rata. Biarkan hingga adonan agak hangat.
  3. Panaskan oven 200 derajat Celcius. Masukkan telur ke dalam adonan tepung satu persatu sambil terus diaduk atau dimikser sampai rata dan halus.
  4. Semprotkan atau sendokkan ke atas loyang kue kering beralas kertas roti/silikon. Panggang selama kurang lebih 25 menit. Angkat.
  5. Isi sesuai selera.

Note:

  • Resep kulit sus ini yang paling enak so far menurut saya sih. Merekah cantik, ‘menul-menul’, dan gampang banget bikinnya!
  • Selama manggang, oven jangan dibuka-buka ya. Nanti dia gak mau kokoh kulitnya.
  • Timing yang tepat sangat penting untuk ngedapetin kulit yang kokoh dan gak melembek ketika dingin. Kalo udah lewat 25 menit di permukaan kue masih ada mentega berbuih-buih, jangan dikeluarkan dulu dari oven. Tunggu sampe udah gak ada buih mentega lagi yang keluar, baru angkat kue dari oven.
  • Setelah dikeluarkan dari oven, segera pindahkan kue sus ke rak kawat, supaya bagian bawahnya gak beruap dan malah jadi lembek. Kalo gak ada rak kawat, yah gimana kek caranya supaya bagian bawahnya tuh bisa kontak langsung sama udara.
  • Tusuk-tusuk kue sus dengan tusuk gigi di beberapa tempat setelah dikeluarkan dari oven untuk memudahkan keluarnya uap air.
  • Cara mengisi kue sus: gunting dikit kulitnya, semprotkan isi dengan menggunakan plastik segitiga. Sruuutt….!

92 thoughts on “Choux Pastry a.k.a. Kue Sus!”

  1. Riana!!!! Kemarin aku bikin sus ini loh. Isinya aku pake Vla Napoleon. Kata suami enak. Tp ri, waktu aku bikin kok vla-nya agak encer gitu sih. Jadi aku tambahin maizena lagi. Tp, yg bikin hepi, kli ini sukses bentuk vlanya. thx ya.

    Mmm.. vla napoleon ini emang lembuuuut sekali… Anyway, congrats ya. Bikin kue sus itu murah, gampang, tapi hasilnya mewah banget. Sekali coba, gak akan mau lagi deh beli di toko🙂 —– Riana

  2. mbak,aku juga udah coba bikin kue sus nya lho…hmmmmm bagus banget hasilnya cuma waktu pendinginannya aku nggak dapet nilai seratus,kira-kira 85 persen gitulah….tapi hasil creamnya napoleonnya enak bangetttt…dan karna terlalu encer(sekali gigit takut muncrat keluar….) jadi aku banyakan kasih tepung jagungnya……hasilnya 100 deh…thanks ya mbak,lain kali banyakan lagi resepnya yg enak-enak ya….hihihihi bisa-bisa aku jadinya makin endut….

    Iya emang tuh vlanya lembut pisan… Thank you udah dimodif ya… —————Riana

  3. mbak cara nyemprot ato nyendok kue sus nya gimana? en supaya kue nya mau ngembang n ndutz alias gak bantet??
    THX a muchie

    Semprot pake plastik segitiga dan spuit bintang yang besar. Semprotkan melingkar, mulai dari bagian tengah, melingkar keluar, terus naik keatas, berakhir di tengah puncak. Usahakan bagian bawah tertutup semua dengan adonan supaya nanti dasarnya gak bolong.
    Bantet bukan karena cara nyemprotnya, tapi biasanya karena panas oven kurang, atau waktu panggang kurang, atau adonan yang kurang betul. ———–Riana

  4. mbak, aku uda coba buat ni sus, tp kok adonannya cair banget ya?? Sebelum dikasi telur, semuanya oke2 aja. Tapi waktu kumasukkin telur keempat, langsung cair kayak vla gitu. Ada apa ya??

    Sesudah dimasukkin tepung, tetep masi dimasak pk api kecil atau diangkat dr kompor?? trus taunya mateng gimana?

    berhubung cair gitu, boro2 bisa di crot, jd aku tuang aja di cup mufin, jadi juga sih, tp bawahnya bolong :p
    Harusnya adonan yg bagus tuh sekental apa sih??
    pengen banget bisa buat kue sus yg ngembang, soalnya mama ku juga gak bisa, selalu bantet deh..

    Tolong ya Mbak, di ajarin…🙂
    makasihhh..!!!!!

    Berarti telurnya besar2 ya? Telur standard 70 gr dengan kulit, 50 gr tanpa kulit. Kalo ukurannya gak seragam, masukin 3 telur dulu, kalo udah cukup kekentalannya, gak perlu ditambahin telur keempat. Kekentalan adonan kurang lebih kayak gini: kalo sendok diangkat, adonan yang di mangkok bisa tegak, tapi adonan yang nempel di sendok tetep bisa jatuh ke mangkok. Pokoknya dia bisa dispuit dengan indah deh.

    Nanti ketika nyemprot adonannya, pastiin bagian bawahnya penuh, jangan bolong. Ovennya kudu panas, dan jangan ngeluarin kue sus kalo buihnya belum ilang di permukaan kue. Setelah keluar dari oven, tusuk-tusuk di beberapa bagian dengan tusuk gigi untuk ngeluarin uapnya. Dinginin kuenya di atas rak ya, supaya bawahnya gak lembab. ——-Riana

  5. Salam kenal ya, Kelihatan uenak tenan nih kue susnya mbak, boleh tanya nggak, aku mau bikin banyak, ada nggak tipsnya? Aku mau cicil bikin kulitnya, kira2 nyimpennya gimana ya mbak, dan tahan berapa hari sebelum kita isi? Trima kasih kalau boleh nyontek resepnya niy.

    Boleh donk, conteklah sepuas-puasnya🙂
    Kulitnya bisa disimpen sampe 3 hari di kulkas, masukin aja ke wadah atau kantong plastik yang kedap udara. Di hari H-nya tinggal diisi deh. Sukses ya… ——-Riana

  6. mba Ri… aku cobain bikin kue sus nya.. tapi gagal.. kok adonannya cari banget ya. padal telornya cuma 3 aja. aku ga masukin ke empat karna uda cair banget. apa telornya 2 aja cukup?
    waktu masukin tepung itu masi di atas api ya??
    alhasil.. aku ikutan tipsnya dayana.. masukin adonannya ke cup muffin, karna ga bisa disemprot😦
    tolong Mba kasi saran, soalnya pingin banget buat sus ini.. makasihhh mba Ri.. keep posting.. yay!!

    Mungkin telor yang kamu pake gede-gede. Kalo dua telur kira-kira udah cukup, penambahan telur boleh dihentikan. Masukin tepung masih di atas api. Kalo keenceran seperti itu, selain dicetak di loyang muffin, bisa juga dicetak di loyang kotak biasa, terus nantinya dioles isi dan digulung. Jadi sus gulung🙂
    Terus yang di loyang muffin jadi kan? ————Riana

  7. Riana….. I tried choux pastry nya hari ini dan sukses banget, Ri… pasukan lahap banget… salah satu kegemaran suami dan Kaka Cemara. Sudah Syl post di dapur online Syl. Thank you so much for sharing the recipe and those notes of yours and membuat segalanya menjadi mudah. Hugs….

    Aaah…. ikutan seneng🙂 ———-Riana

  8. mbak Ri, aku suka banget Vla Napoleon ini. Enak dan lembut bangettt! Tapi mo nanya, dong. Waktu itu sempat kubuat untuk pesta dan setelah dimasukkan ke dalam kulit sejak pagi, kok sore-nya rasa vla-nya berubah, yah? Seperti hampir basi.
    Waktu buat, aku gak pakai brandy/rhum. Apa kalo pakai rhum, vla-nya bisa lebih tahan lama di suhu ruangan? Atau memang harus terus di-refrigerated untuk bisa tahan seharian? Kasih tips yah, mbak. Thanks banget!!!

    Waduuuuh, iya tuh, sebaiknya masuk kulkas kalo mau seharian sih. Yang bikin cepet asem tuh susu sama whipping creamnya itu loh.
    Secara teori memang alkohol bisa bikin makanan lebih awet, karena kemampuannya membunuh bakteri. Tapi aku sendiri belom pernah coba tuh. Selama ini kalo bikin vla selalu simpennya di kulkas. Kayaknya gak ada tips untuk bikin vla awet di suhu ruangan seharian, kecuali pake vla instan deh. Kalo untuk jualan or keperluan lain yang mengharuskan berada di suhu ruang dalam waktu lama, memang orang biasanya pake vla instan karena lebih awet. ————Riana

  9. Wah Riana, jadinya bagus lho susnya, thank’s for the recipe. Saya link ke website kamu ya utk recipenya….thank’s for sharing.

  10. mbak Riana,aku baru coba sus nya kemarin setelah 4 kali gagak buat sus (pake resep lain ), tp kok tetap gak ngembang ya mbak? jdnya mini gitu kecil kecil apa nyemprotnya harus besar2?,tp kemarin masih bisa diisi vla, jdnya sus mini..enak sih..tp aku mau yang mekar kaya di foto🙂,tolong ya mbak..aku diajari masak kue..aku zero banget lah bikin kue…thx🙂

    Huahaha… kayaknya kesalahan bukan pada resep nih. Jurus sukses bikin kue sus, silakan lihat di sini nih. Dapet dari guruku langsung.
    Nyemprotnya gak terlalu bear, tapi juga gak kecil. Kira-kira 2 kali muter deh tuh spuit. Ayo coba lagi, bikin kue sus tuh mengasikkan banget… ————-Riana

  11. Hallo Mbak Riana, numpang tanya yah .. kalo resep nya diganti pake butter msh oke gak sih? Aku sudah bikin kue sus pake resep mbak 3x, uenak banget! Thanks loh atas bantuan nya.

    Masiiih… ———-Riana

  12. Salam kenal Mbak Riana. thx for this recipe, saya baru saja cobain 1x. langsung jadi, uenak tenan!!

    cuma bagaimana caranya supaya hasil jadinya seperti gambar kue-sus di website ini yg menggugah selera? aku punya adonan pas di semprot berbentuk cantik, tapi pas dipanggang dia menyatu dan bentuk akhirnya bulat, tidak ada bentuk semprotannya.

    thx alot before yah Mbak.

    Semprotnya pake spuit bintang besar yang legokan kelopak bintangnya dalam-dalam. Aku pake nomor 1B. Sepertinya pake 1M juga bisa. Good luck! ——-Riana

  13. Hello Mba Riana,

    Aku pengen coba buat resep ini tapi di Hawai’i ini ga ada Tepung Terigu Cakra Kembar, so bisakah aku pake Tepung Terigu biasa?

    Mohon advisenya Mba!
    Thank you!
    Jacinta


    Bisa, Jacinta. Hasilnya gak sekokoh tepung terigu protein tinggi, tapi tetep jadi dan enak. Tepung Cakra atawa tepung protein tinggi ini untuk bikin roti dan mie, mungkin biasa disebut di sana Bread Flour. ————–Riana

  14. Tons of thanks Mba Riana…you are such an inspiration! Aku berpikir kalo libur nanti mo ke Indonesia bisa ambil kursus pendek dengan Mba Riana, bisakah begitu? Gimana caranya?

    Halah, aku gak bisa apa-apa, say. Mending kamu kursus di NCC aja, belajar sama guru-guruku yang ada di sana. Aku juga belajarnya dari sana kok. Sampai ketemu di Indonesia ya… ————Riana

  15. Mba Riana, salam kenal, aku dah sering banget mampir ke sini nih..tapi baru kali ini isi comment. Aku udah coba resep ini wah.. hasilnya oke banget lho aku aja ngga percaya kalau kue susnya bisa mengembang dengan indahnya taela..thanks for sharing. Mba boleh ngga kopi resep ini tuk blog aku yang masih baru banget tapi tetap mencantumkan nama Mba sebagai source.. thanks in advance.

    Tanti, I’ll be honored🙂 ———Riana

  16. mbak Riana, kue sus ku kok ndak mekar ya? apa kebanyakan telor? mixer telurnya berapa lama? kalau ngaduk tepungnya gak di atas api apa bisa bikin kagak mekar? mohon advise. makasih banyak… blog nya 2 thumbs up.

    Ini udah beres ya? hehehe… congrats!
    Adonan sus yang bagus, konsistensinya kental tapi masih bisa jatuh ke mangkuk, tapi tidak encer ya. Jadi dilihat aja, kalo telurnya besar2, biasanya gak perlu semua telur dimasukkan. Telur dimikser sampai rata dan halus. Ngaduk tepungnya di atas api untuk mematangkan tepung. Biasanya kalau gak mekar, ovennya kurang panas atau adonan terlalu encer. Sekali lagi selamat ya, sudah menaklukkan kue sus. Gak susah kan? ——–Riana

  17. Allo mbak… saya akhirnya bikin lagi kue susnya karena penasaran hehhe dan kali ini jadi, oven nya saya bikin 260 derajat,telurnya saya kasih cuman 3 bj, dan cuman disendoki dah bisa jadi bagus… thanks ya resepnya…

  18. Saya sdh pernah nyoba buat kue sus beberapa kali dengan berbagai resep. Tapi masih penasaran sama resep yang paling enak… Kayanya belum ketemu nich😦 Setelah tau resep mbak Riana, saya bakal nyobain.. Tx. (yang enak menurut saya.. yang kulitnya bisa renyah tapi empuk jg mengembang.. Selama ini dapat yang mengembang tapi kulitnya keras, atau empuk tapi kurang renyah)

  19. Riana,
    punya resep vla yang kayak vla nya sus merdeka ga?

    Vla sus merdeka, bikinnya gini: Bikin vla vanilla resep di atas, lalu campur dengan buttercream dengan perbandingan 1:1. Lalu pakein rhum sesuai selera ‘kemabokan’ yang kamu ingini🙂 Jadi deh ———–Riana

  20. hallo mbak riana, saya pengen nyoba susnya tapi sebelumnya mo nanya harus pake oven listrik atau yang biasa.
    salam kenal
    mega – sda

    Dua-duanya bisa, mbak Mega. Asalkan kita kenal betul oven kita, pake oven apapun harusnya gak masalah. ——–Riana

  21. assalamualaikum mbak ri
    makasih3x banget atas resep kue sus n tipsnya, sukses n enak bangettttttttttt, saya seneng sekali, ntar pengen nyoba pastry ala mbak ri lagi deh……., thank berat ya mbak…….

    Congratulation yak🙂 ————Riana

  22. Mbak riana,
    salam kenal. Mba saya ada pertanyaan dari istri saya, bagaimana agar kue sus jadi tahan beberapa hari? apakah dimasukan kulkas ada pengaruhnya ?
    Terimakasih

    Kue sus sudah diisi atau belum diisi? Kalau belum diisi, simpan kulitnya di wadah kedap udara di freezer atau refrigerator sampai saatnya diisi. Isinya dibikin menjelang diisi atau semalam sesudahnya. Kalau sudah diisi, gak bisa terlalu lama walaupun di kulkas karena vla-nya mengandung susu yang mudah basi. ———–Riana

  23. Mbak Riana, panggang di ovennya pakai api yang bawah atau yang atas? thanks

    Kalo oven listrik, api bawah dan atas. Kalo oven lainnya, api bawah. ——–Riana

  24. mbak…aku nyoba bikin..tp kue sus-ku ngga ngembang..
    udah gitu..padet..ga bolong tengahnya..
    salahku di mana ya mbak?
    makasih…

    Duh, bagaimanakah daku bisa mengetahui salahmu, sayangku.. sedikitpun tidak ada penjelasan darimu mengenai perbuatanmu terhadap si adonan sus😀 ———–Riana

  25. Mbak Riana🙂
    sudah kucoba dan berhasil hehehhee.. seneng banget karena beberapa bulan sebelumnya udah pernah coba juga tapi karena panas2 adonannya dah dicampur sama telur jadilah telurnya matang-tang-tang kekekkekeke😛
    Akhirnya jadi juga, meskipun belum sekokoh yang di toko-toko. Yayyy senangnya🙂 Makasih ya mbak resepnya, boleh aku posting yaaaa

  26. Hai Riana…Sebelumnya teta mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429H,tanx atas resep kue susnya. hasilnya betul2 enak banget………

  27. mbak riana salam kenal ya,kue sus nya uenaak…ado nan kue susnya bisa dibikin buat eclair gak yaa..

    Bisa donk, dibikin apa juga bisa😀 ————-Riana

  28. Mbak, resep2nya TOP banget, aku udah cobain 2 macam resep dari blognya mbak Riana nih, yg Blueberry Cheese Cake ama Kue Sus ini… Aku izin copy resepnya di web ku ya, tp tetap mencantumkan nama Mbak sbg sourcenya… Thank you ya mbak…

  29. Salam kenal, mbak Riana. Blog-nya okeh bangets sih…gambar2nya ‘menggiurkan’ hehehe… Aku jd pengen bikin kue sus lagi nih, dulu2 si klo bikin bantet mlulu jd males bikin deh tp waktu liat resepnya mbak ko jadi pengen nyoba lagi yaa…tq ya mbak resepnya, aku mau coba, mudah2an sukses doain ya,hehehe…

  30. Hello…
    Resepnya udah dicoba sekali…AWESOME Result!..Waktu itu pake blueband. Yang kedua kali, saya coba pake unsalted butter, sampe ukuran butternya saya kurangin tetep gak jadi. Adonannya oily, dioven gak mau ngembang. Ada inputs gak mba, soalnya disini agak2 susah dapetin blueband.
    THANK YOU!

  31. Halo Mbak Riana,
    Aku coba sekali resepnya lsg jadi ok loh. Uda coba dua kali pake resep laen ga berhasil. Makasih banget ya mbak buat sharingnya🙂. Enak banget loh😀.
    Aku pake butter juga oke, soalnya di sini ga ada blue band🙂.

  32. itu tepung cakra kembar…apakah itu tepung “self raising”? khan di sini nggak ada…

    Bukan, ini bread flour… ada kan? ————Riana

  33. hiii,. mba Riana…
    aku baru mau coba bikin kue sus n lg hunting resep2nya,.
    yang mau aku tanya, diresepnya mba kan pake tepung cakra tapi di beberapa resep lain yang aku baca, tepungnya pakai segitiga biru.
    ada ngaruhnya ga mba?
    thx🙂

    ada, lebih kokoh pake tepung cakra. ———–Riana

  34. mba, punya resep sus durian nya kaya punya soedoe ga?

    tengkyu

    eh, aku belum pernah nyoba tuh.. mau donk.. ———-Riana

  35. Mbak..aku senang sekali dng rasa dan hasil vla napoleon nya..uenak enan..Kalau aku mau buat yg versi coklat dng rasa yang uenak enan tadi gimana ya mbak?kalau mbak punya resep nya aku sangat sangat mengharapkan nya. thanks berat ya mbak

  36. oohh…bread flour…(pura-pura paham ni)
    Thank you ya Riana..
    ntar tak cari: tepung yang buat bikin bread..
    oh ya, aku mau coba vla napoleon, terus diisikan ke pastry shell yang bisa ditemukan di grocery. ntar tak kasih laporannya.

  37. ass…salam kenal mba…mo tny dunk,kbtlan aq pny blogsome jg tapi ga bisa utak atiknya…kalo ganti nama blog bisa ga di blogsome?cth sonya.blogsome.com menjadi nellysonya.blogsome.com?
    tx ya mba atas waktunya…mhn pencerahan.

    sonya

  38. assalaamu’alaikum…
    Just wanna say thanks you soo much…lagi pengen bikin kue sus, dapet link ini, dan pas di coba mantep banget hehehe ^_^. Bllog nya juga bagus, foto2nya cakep, bhs. inggrisnya jago. SubhaanAllah..^_^
    Thanks ya, salam kenal dari sydney.

  39. Mba, untuk resep ini, berapa kira2 kue sus yang di dapat? Thanks, salam kenal!

    Tergantung besarnya, say. Kalo kecil sampe sedang, ya sekitar 15-an deh. ——-Riana

  40. Mba, thank banget ya…aku dah buat kue ini dan bawahnya dah ga bolong lagi…aku buat untuk akekah ponakanku…again, thanks banget!

  41. Mbak, salam kenal ya. Blognya membantuuu sekali buat saya yg amatiran bikin kue, banyak tips2nya, makasih buanyak yaaa…saya dah nyoba beberapa resep dsini, dan berhasil semua berkat infonya mbak riana, the bestlah pokoknya. Ijin ngopi resepnya buat di blog ya, ntar dilink kesini.

  42. ketemu lagi nih mbak……Aku dah 2 kali nyoba resep sus dari mbak riana n hasilnya sangat memuaskan…..bahkan dapt pujian dati temen2..hehehe, makasih ya mbak…, mau dong resep yang lain.

  43. Mbak, mau nanya nih, kalau mau pakai oven listrik apa ovennya harus dipanaskan dulu ? Kalau iya, kira2 berapa lama dng suhu berapa ? Thanks

    Huaaa… iya dooooonk… oven apapun, apapun, harus selalu dipanaskan dulu. Suhunya sesuai resep yang mau dibuat, disebutnya berapa di resep, nurut sama resep. Panasin 10-15 menit sebelum memanggang. Kalo resep gak nyebut, biasanya pake suhu standar 180 derajat. ———Riana

  44. ooo.. gitu ya… mau nanya lagi ya Mbak, Kalau misal kita pakai oven listrik trus disetel 25 menit suhu 180 derajat.. Trus pas dilihat di kacanya oven, ternyata setelah 20 menit kok kuenya sudah keliatan matang gitu, dan saya mau tes tusuk, boleh ngga ovennya dibuka, padahalnya timernya kan masih belum mati (timer diset 25 menit). Atau ovennya harus dimatikan dulu atau bagaimana ? Dan kalau ternyata setelah dites tusuk masih blm matang dlmnya kita terusin ovennya gimana ? Thanks ya Mbak

    Kok tes tusuk ya? Hehehe… kue sus gak dites tusuk seperti cake, say. Tapi dilihat apakah masih ada buih-buih di permukaan susnya? Kalau masih ada, jangan keluarkan dulu dari oven, nanti dia mimpes di luar karena belum kokoh.
    ———-Riana

  45. mbak Riana, saya mau tanya dulu sebelum saya coba buat kue sus ini. Saya blum punya plastik segitiga, ada alternatif lain spy bisa masukin vla ini ke kue susnya? Plastik segitiga ini fungsinya utk semprotkan cream ke kue alias piping ya mbak?

    Kulit kue sus ini akan kopong ya dalamnya stlah dikuarin dari oven ya mbak? pas disendokkan ke baking paper, besanya harus seberapa gede?… diameternya 2 cm gitu? Ditunggu ya mbak advicenya. thanks a lot, Deb

    Iya untuk piping. Untuk membentuk kue sus, dan untuk memasukkan cream ke dalam sus. Untuk membentuk sus, bisa dibulatkan pake dua sendok aja. Atau punya plastik bening biasa? Pake itu aja, lubangi salah satu sudutnya, semprot deh. Kayak caranya Jamie Oliver tuh.

    Iya akan kopong. Kalo mau ukuran sedang, kira-kira diameter 5 cm deh. Wah, seru nih mau bikin. Sukses yaaaaaaaa… ————Riana

  46. Mbak ri, aku mau nyoba bikin kue sus nih..
    tp aku rada bingung, pas masukin telurnya itu masih diatas api atau uda diangkat ya mbak?
    terus vla napoleonnya kan pake 800cc susu, susunya pakai susu fresh ya mbak?
    aku mau nyoba yang pk susu evaporated de.. hehe
    wish me luck ya mbak riana! hehe
    thx bgt mbak..

    Udah diangkat, dan udah agak dingin.
    Iya susu segar. Kalo mau pake susu evaporated, dicairkan sedikit dengan air.
    Good luck!
    —-Riana

  47. mbak, kalo tepungnya diganti sama tepung terigu protein rendah a.k.a cap kunci bisa ga ya? rasanya msh enak ga?
    soalnya aku uda beli semua bahannya, tapi malah lupa beli tepungnya..
    huhuhu..
    thx bgt ya mbak..

    Bisa aja.. —-Riana

  48. mbak riana, kemaren aku nekat bikin walopun pake tepung kunci, dannnnn…
    BERHASIL mbak!!
    lekuk spuitnya keliatan, dimakannya pun ga seret mbak..
    senengg dehh..
    cuma vla napoleonnya rada gosong gitu mbak, knp ya?
    padahal harus di didihin kan mbak?
    aku uda aduk terus loh..
    overall, thx ya mbak riana bwt resepnya..
    hehe.. ^^

    Laah, gak gosong donk.. Sampe meletup aja, jangan sampe gosong..
    Anyway, selamat yaaa.. ——-Riana

  49. salam kenal, mbak riana… aku baru bikin sus niy… but… hiks… bantet… hiks… oven uda g d buka2… apa karena aku pake 125cc air + 125cc susu evaporated? atau… kurang telur y? karna sesudah aku masukin 4 btr telur pun, adonanku masih keras kayak adonannya cookies… knapa y, mb? Thanks before.

    Gini nih. Bandel gak nurut sama resep, abis itu come crying. Adonan choux itu pake air say, bukan pake susu. Sana coba lagi, kali ini nurut sama resep. Kalo bandel terus gagal, jangan curhat ya——Riana

  50. Mbak Riana, salam kenal, aku pengen bgt nyobain bikin kue sus ini buat acara bday anakku, tp aku cm pny electric oven yg bulet yg tutup kaca gt,kecil pula plg diameter 30… hadiah pula blm perna pake, bisa ya pake itu? or microwave?! sorry yah kl agak dodol, maklum jarang bikin kue…
    or ada gak yg jual kulit or puff pastry lgsg jadi yg gak perlu oven lg, biar aku bikin vla nya sendiri…
    ini resep dpt brp pcs sus nya ya?
    makasih mbak…

    Gak bisa komen nih, soalnya belum pernah nyobain oven itu. Harusnya sih bisa.
    Microwave gak ada efek bakarannya. Nanti kalo bikin pake oven kaca, eksperimen aja satu biji dipanggang pake microwave🙂
    Langsung jadi tanpa perlu di-oven, gak ada kayaknya deh.
    —-riana

  51. buat mbak fifin dan mbak riana, mau bagi info.. hehe. bisa kok pake oven listrik itu. aku udh pernah coba dl.. malah hasil matengnya lebih rata, tapi ganti”an listrik atas bawahnya (sama ga ovennya? hehe.) yaa, walaupun harus sabar sih krn ga bs lgs banyak ngovennya. hihi

  52. Mbak Riana! Waduh kue sus ku dah matang! Aku bikin 2 resep nih! =D Isi vla pake yang napoleon tapi ga pake whipped cream ama gula kastor cuman tetep aja uenak banget! =D
    Btw gula kastor tuh apaan sih?
    Oh ya Mbak, itu aku pake ovennya ga aku panasin dulu sih, trus langsung aja maen masukin loyang aku pasang 200 derajat selama 60 menit dan itu masih ga gitu kering loh.. Jadi total aku bikin dari jam 3 sore sampe jam 8 malem buat manggangnya ama bikin vlanya.. >.

    Gula kastor itu gula pasir yang butirannya kecil-kecil sekali. Kamu bisa blender gula pasir kamu kalo butirannya masih gede-gede.
    Nah, bandel sih. Oven tuh harus selalu dipanasin dulu 15 menit sebelum kuenya masuk. Kalo dipanasin dulu, pasti 30-40 menitan udah mateng dan kokoh deh.
    —-Riana

  53. Mbak Riana.. Aku mo bikin tuh Double-nuts Chocolate Torte.. It looks so gorgeous! Tapi butuh petunjuk nih.. Butter tuh ga sama ama margarine ya?
    Lalu.. Best Quality Cooking Chocolate itu yang gimana? Koq harus 70% solid cocoa. Kalo aku biasa pake Collata yang Dark. Bisa pake ga yah? Apa rasanya bakalan sama tuh?
    Lalu itu loyangnya khan dikasih kertas roti.. Jadi mentega ama tepung terigu diratain di atas kertas roti ya Mbak?
    Mohon petunjuknya yah Mbak.. Harap maklum masih cupu nih.. Makasih ya Mbak!

    Gak sama donk. Butter dari susu, margarin dari minyak kelapa sawit.
    Karena coklat yang dikategorikan premium itu yang mengandung cocoa 70%. Pake Collata Dark bisa kok, pake apa aja juga bisa. Rasanya tentu gak sama. Pokoknya rasanya akan mengikuti rasa coklat yang dipake.
    Yak betul. Jadi, loyang dioles margarin, lalu alasi kertas, olesi lagi margarin, lalu ayakin terigu sampai rata, buang kelebihan terigu (tepuk-tepuk loyangnya). Happy baking and good luck! ——–Riana

  54. mbak, saya sudah coba bikin, rasanya enak bangeet…, trus isiannya saya pake napoleon, so creamy deh,tapi lama juga manggangnya ya soalnya sy langsung bikin untuk dua adonan trus karena takut hangus kupanggang delapan-delapan satu kali masuk. sempat kukirim buat mertuaku juga deh, mereka suka lho!! thanks ya mbak

  55. mbaaa….aq udah coba bikin kue sus + fla napolean..enyakkkkk😄. tp aq mo tanya nih, kue nya pas baru keluar dr oven itu ngembang n bagus, tp kl udha lama dikeluarkan kok kempes ya??ada cara ga supaya kue nya ga terlalu kempes??thx ya mbaa buat info nya =)

    Berarti belum saatnya dikeluarkan udah dikeluarkan tuh, belum kokoh bener kue susnya. Sampe buihnya ilang, baru keluarin. Gak kempes, bahkan bisa distock. ——-Riana

  56. mba mau tanya neh
    aku buat kue sus nya ngembang sih tp knp yah dalem susnya itu eggy gt… bau telor trus rasanya ky telor kukus… bingung salah dmnnya… help me pls

    karena terbuat dari telur, jadi bau telur, kalo baunya bau coklat donk malah bingung, hehehe…
    Hueh? telur kukus? gantian aku yang bingung donk sekarang, hahaha… mungkin kamu kurang lama tuh manggangnya, jadi gak garing. Masih lemes gitu ya kulit susnya? ———-Riana

  57. Mbak untuk vla napoleon Rhumnya bisa diganti apa ya ? karena kami tdk boleh memakainya ( bagi org muslim khamr itu diharamkan ), mohon infonya mbak, terimakasih

    Gak usah dipake. pake vanilla aja. ———-Riana

  58. kemarin iseng2 coba, eh berhasil! tadinya mao buat 1/2 resep tapi liat2 kok dikit yah, jadi buat satu resep, jadi 12 buah! pas sama loyang nya ^o^ dan emg bener enak rasa kulitnya jg .. vla nya pake yg beli jadi tp agak encer (pdhl beli yg thick) jadi tambahin rum, gula dan sagu, tp msh tetep agak encer. lain kali mao buat vla sendiri biar lebih mantaf.
    makasih banyak buat sharing resepnya, ga sia2 post dari taon 2005 sampe skrg msh banyak yg coba.

    Congraaaats! Kulit sus ini emang ok punya deh. Iya, vla enakan bikin sendiri dan lebih aman. ——–Riana

  59. Hi mba Riana, aku udah coba bikin sus n vla Napoleonnya kemaren.. enakkk.. boleh aku share resepnya diblogku ya mba..tentunya dengan mencantumkan nama mba Riana^^ tx a bunch

    Boleeeeh, aku yang terimakasih🙂 ———-Riana

  60. jadi tertarik pengen bikin, hehe😀 tp untuk ovennya itu pake panas bawah/ atas / keduanya ya mbak ? makasii

    Api bawah🙂 ————Riana

  61. mba Riana, klo pake oven biasa (hock) gitu, tarohnya di tingkat berapa ya? aku coba di tingkat 2, tapi kok yang bagian bawahnya gosong duluan ya? padahal buih2nya masih banyak. selain sedikit bau2 gosong sih, jadinya lumayan oke. hehe. nanti pengen nyoba lagi ah

    kalo gitu tarok di tingkat 3🙂 ———–Riana

  62. salam kenal, mbak..:) tadi saya udah coba bikin susnya. hasilnya…bagus bangettt! sampai2 gak percaya kl itu buatan saya sendiri (sy msh pemula banget dalam hal baking n cooking). saya pake tepung terigu biasa..cukup kokoh dan gak kempes loh. makasih banyak ya mbaaak…tips2nya top abiss deh!

    aaahhh, senangnyaaaaaaaaaa….. *hug* alhamdulillah..————–Riana

  63. mba aku br mau coba kalo pake oven biasa (kaleng) kira2 berapa menit, trus untuk 1 x adonan resep bisa jadi berapa potong ( uk sedang 5cm )

    Rea, apapun ovennya kalo suhunya tepat ya manggangnya juga sama waktunya, ya toh? Satu adonan ini kira-kira jadi 15 buah. Happy baking! ———-Riana

  64. halo mbak Riana,
    terima kasih untuk resepnya…kemarin udah coba bikin sus + vla napoleon, bikin lgs 2 resep, 90% sukses & enak (terbukti begitu keluar dari oven lgs ludes hehehe…)
    tapi saya ada beberapa pertanyaan :
    1. mixer adonan tepung & telur itu pakai yg whisk atau spiral ? awalnya pakai whisk tapi koq jadi naik keatas, akhirnya saya ganti dg spiral tapi harus dibantu dengan mendorong adonan ke tengah2
    2. panggangnya koq sampai 1 jam ya mbak ? setelah 45 menit masih berbuih juga, jadi saya tunggu sampai 1 jam, hasilnya bagus sih, kokoh tdk kempes tapi gak tahan nunggu sampai 1 jam; apa karena oven saya kurang panas (otang); padahal sebelumnya sudah saya panaskan dulu, 170C, baru sus masuk, setelah 30 menit saya kecilkan apinya takut gosong, karena sudah kecoklatan tapi masih berbuih kecil2; apa ini pengaruh saya pakai butter bukan margarin ? atau api harus tetap besar tdk boleh dikecilkan ? (tdk boleh dikeluarkan dari oven kalau masih berbuih itu kondisi oven menyala atau dimatikan, mbak ?)
    kasih tips2 lagi donk mbak (saya sudah baca semua komen dari atas sampe bawah, tapi mungkin ada yg kelewatan), supaya minggu depan bisa sukses 100%
    sekali lagi terima kasih ya mbak…

  65. mbak, kl buat kulit sus dibuat dulu seminggu sebelumnya isa gak, soalnya pgn buat 60 hehhehehe…… enak soalnya ^.^ trus fla nya musti buatnya fresh y?

  66. mbak kl vla napoleon ini ditambah durian montong, takaran durian brp ya biar tetep lembut? trus jadi isian pie, bisa? Thx before yaa^^

  67. mbak ini vla nya lama2 ga mencair kan? Fungsi telur itu biar fla nya kokoh ato penambah aroma aja? Satu lg mbak, kl di tambah durian montong, susu ato whipcream di kurangi ga? Takut blenger, apa ga akan blenger? Makasih ya mbak riana^^

    1. Vlanya gak mencair. Fungsi telur adalah mengikat adonan, mengentalkan, membentuk tekstur creamy, menambah gurih dan rasa lezat. Durian monthong bisa ditambahkan tanpa mengurangi bahan lain, dicampurkan setelah vla jadi. Kalo gak blenger bukan duren donk🙂

  68. mbak.. Hiks.. Krn whip cream nya gada, aku skip. Trus krn nanggung durennya aku masukin smua smp 350gram… Karena bandel rubah2 resep.. Jadinya ga kental banget, cair juga ga sih.. Tp ga bisa kokoh ky isian sus gitu.. Di jadiin isian pie jadi creamy banget ga solid tapii rasanya lembuut enak bangeet.. Kurang maezena nya gt mbak? Ato kurang lama masaknya? Please advise..

  69. Mba lapor, kmrn bikin kue sus pake resep ini, jadi 14 sus: 6 kempes, 8 mekar menul2 tp yg 6 dasarnya bolong, jd yg bnr2 sukses cm 2:D bolong krn nyepuit dr pinggir ke tengah hihi. Yg 6 kempes itu ditaruh di loyang tengah, yg 8 loyang bawah otang, krn yg bawah gelembung udh ga ada dan bawahnya udh coklat, akhirnya kubuka oven, eh yg loyang atas lgsg mimpes. Jd ptanyaanku, manggang sus harus per loyang ya? Makasiiihh

  70. Mbak aq bikin kue sus kok g brbuih knp y pas dpanggang? Jd susah tau kpn matengnya. Jd aq tambh 10menit. Kalo hasilnya sh oke aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s