Zebra Cake

When you have tons of egg whites, you have plenty options to use them up. Meringues, Pavlova, Egg Whites Chocolate Cake, etc. Including this Zebra cake. It’s pretty, and low fat!

Zebra Cake
(Source: Kursus Natural Cooking Club)

Bahan:
680ml   putih telur
375gr   gula pasir
1 sdt     cream of tar tar
1 sdt     Baking Powder
200ml   santan kental atau  200ml mentega leleh
1 sdt     garam
200gr   tepung terigu
20gr     tepung maizena
1 sdm   pasta mocca super

Cara membuat:

  1. Kocok putih telur hingga naik, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil dikocok terus hingga kental, masukkan cream of tar tar, kocok lagi sebentar. Matikan mixer.
  2. Tuang campuran terigu, maizena, dan Baking Powder sambil diayak dan diaduk hingga rata, tuang pula santan, aduk rata.
  3. Bagi adonan menjadi 2 warna, satu biarkan putih dan satu lagi beri pasta mocca .
  4. Tuang adonan secara bergantian di loyang bulat 24 cm, di satu titik, untuk mendapatkan motif zebra.
  5. Oven hingga matang (bisa juga dikukus).

Note:

  • Untuk yang senengnya pake coklat, pasta mocca bisa diganti pasta coklat.
  • Supaya motif zebranya cantik dan sama rata, gunakan sendok besar yang sama ukurannya untuk masing-masing adonan putih dan coklat. Sendokkan adonan di satu titik di tengah loyang, bergantian. Jika menggunakan sendok nasi, masing-masing adonan kurang lebih 2 sendok tiap kali menuang.
  • Resep ini jadinya banyak, loyang 24 bisa sampe tinggi. Jadi kalo gak mau banyak-banyak bisa dibikin 1/2 resep aja, pake loyang 20 cm.

 

5 thoughts on “Zebra Cake”

  1. hai.. nice to find your wonderful blog! this sebra cakes looks reallly yummmyy.. cannot wait to try it! hope to know you more..

    Hi Natalie, it’d be wonderful to know you more as well. Do email me, let’s chitty chat🙂 ———–Riana

  2. hai …. you didn’t mention abuot the baking pan need to be oil or not thanks lita

    Yaaah iya lupa… syorii.. Loyangnya dioles margarin dan dialas kertas ya. Thanks udah ngingetin🙂 ————-Riana

  3. Mba,kemaren aku nyoba resep zebra cake. Tapi karna putih telurnya cuma punya 300ml,akhirnya buat setengah resep ajah. Rasanya siy dah enak (belum maknyuuss siy..) tapi kuenya kok mengempes dan agak keras bawahnya. Udh gitu pas di panggang,pertama2 mekar bagus tapi lama2 kuenya retak gitu kenapa ya? apa ngocok putih telurnya gak bener, tapi udah sampe kental kok…tolong pencerahannya ya mba..oya cream of tar tar aku ganti dengan cuka dengan perbandingan 1:3 (informasi ini aku dapet dari blognya keluarganugraha). Thx bunchess mba..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s