Meatballs in Spiced Soup

Meatball spicy soup

 

Yes, I cook too. And I’m not bad, surprisingly😀

Only I have to admit that sometimes I need a ‘click’ on the certain button to get myself going.

This one is pretty easy to make. If you like exotic spices like cardamom, cinnamon and nutmeg in your dish, chance is you will love this savory soup. I particularly love the meatballs. It’s easy to make, yet delicious, and the best part is I can throw in some oatmeal in the meatball dough for additional fiber.

Perfect for cold rainy days that seem to be everyday in Jakarta lately. Happy stewing!

Bola dalam Sup Rempah
Adapted from Masako

Bola-bola Daging:
200 gr daging sapi cincang
1 btr telur ayam
1 batang seledri, cincang
2 siung bawang putih, cincang
Havermouth/Quick Cooking Oatmeal, secukupnya
Garam & merica secukupnya

Sup:
250 gr tomat, seduh air panas, kupas kulit arinya, cincang
150 gr kentang, kupas, potong dadu
500 ml air panas
1 btr bawang bombay, cincang
3 siung bawang putih
3 sdm saus tomat
1/2 btr biji pala
3 btr kapulaga
3 kuntum cengkeh
1 cm kayu manis
2 bh cabai hijau, iris halus
Margarin untuk menumis
Garam, gula & merica secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campur daging cincang, telur, seledri dan bawang putih. Aduk hingga rata. Tambahkan Havermouth/oatmeal secukupnya hingga didapatkan adonan yang kenyal dan mudah dipulung. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
  2. Bentuk adonan daging bulat-bulat sebesar kelereng atau menurut selera.Goreng dengan sedikit mentega hingga matang. Sisihkan.
  3. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  4. Tambahkan tomat cincang, saus tomat, pala, kapulaga, cengkeh dan kayu manis, aduk rata.
  5. Tuangkan 500 ml air panas.Tambahkan kentang, didihkan hingga kentang lunak dan sup mengental. Tambahkan garam, gula dan merica secukupnya. Cicipi dan koreksi rasanya.
  6. Tuangkan sup ke dalam mangkuk saji. Masukkan bola-bola daging ke dalam sup. Taburi cabe hijau.

11 thoughts on “Meatballs in Spiced Soup”

  1. Waduh…. itu masakan bikin ngiler ajah😀 Mba Riana, kemaren saya buat pennylane browniesnya😀 rasanya emang enak banget ya… bikin ketagihan. Makasih banyak ya atas resepnya, jadi brownies andalan buat jualan🙂

    Cihuyyy… ayo bakulan broniiiiiissss… —-Riana

  2. kekekekek………… masak juga deh jadinyaaa……..
    enaknya masak tuh Ri, gak bakalan bantet…. huehehehehhhhh

    Yang bantet guenya.. hihihi… ———–Riana

  3. huehuehuehehehe… nongol juga nih resep masakan saktinya, surpriseee……..! gak ribet toh Ri, cepet & cuciannya cuman sak iprit😛

    Secara diri tukang masak pemalas sejati nan tidak menguasai manajemen dapur kotor, teteub wae cuciannya sak’jibunnn… huehehehe…. ——-Riana

  4. Aku baru nyoba nih, Riana. Karena lagi nggak ada daging, aku pake ayam. Tapi kebetulan ada sisa saus steak daging cincang, yang kucampur ke kuah supnya untuk ‘meghadirkan’ rasa daging. Udah gitu aku nggak pake cabe ijo karena masak untuk anak-anak. Hmm..enak juga niiih… ;-))

  5. oh iya. karena buat anak-anak, jadi isi supnya juga jadi tambah banyak. ada wortel, batang seledri yang gede-gede itu, dan makaroni! Pokoknya pake kesempatan sebanyak mungkin untuk nyuapin sayur ke mulut anak-anak😉

  6. OMG, lol.
    mbakkkk keliatannya uenak bangetttt meatballnya, mau dong coba hehehe. ty banget ya ak lagi nyoba2 belajar masak yang enak n simpel n ty ty ty minggu depan mau coba nehhh;)

  7. Riiii….
    Garuk garuk kepala neh…
    Kok gw ubek ubek blog loe nyariin postingan yang telor asin itu gak ada sih?
    whuaaa….. padahal pengen nyontek.
    Mau dunk dijapriin resepnya.
    Tengkyu ya haneh
    Muah muah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s