Brighten Your Day!

Update: 10 Dec ’06
I found where I got this design and instruction from. It’s from Woman’s Day magazine, where it said that “the cake was inspired by one seen at the Cupcake Cafe in New York City”.

No picture on its actual page, but if you go to Silly Cake Finder page, there’s the photo up there. Dunno why. Anyway, I took the photo and posted here for your view.
 
Photo at the right: Sun Flower Cake by Woman’s Day

 
Sunflower cake
 
The sun will come out tomorrow
bet your bottom dollar that tomorrow
there’ll be sun..
 
Just thinkin’ about tomorrow
clears away the cobwebs and the sorrow
’til there’s none
 
When I’m stuck with the day that’s grey and lonely
I’ll just stick out my chin and grin
and say, ooo…
 
The sun will come out tomorrow
so you gotta hang on ’til tomorrow
come what may
 
Tomorrow, tomorrow
I love you, tomorrow
you’re always a day away..

 
“Tomorrow” originally from the soundtrack of “Annie”, my version was performed by Nikka Costa
 
Okay, this morning I made this Sunflower Cake for a person who, obviously, really loves sunflower. The cake is 4 layers of chocolate sponge, filled with ganache. Standard, but still the best classic ever🙂
 
The decoration is pretty easy. I saw the design on the internet a long long time ago, forgot the source, terribly sorry😦 If you happened to know the source, please let me know so I can give credit for the design owner.
 
Now, onto the the sun..
 
Sunflower Decoration
Design by: please let me know
Instruction by: Riana

 
You will need:

  • 500 gr – 1 kg Buttercream (depends on your cake size)
  • Around 200 gr ganache
  • Round biscuit (optional), sebagian biarkan utuh, sebagian patahkan.

 
Color:

  • Leaf green, egg yellow, lemon yellow (optional)

 
Instruction:
 

  1. Jika ganache terlalu kental, campurkan sedikit buttercream untuk meringankan konsistensinya agar lebih mudah disemprotkan.
  2. Tutup keseluruhan kue dengan buttercream putih.
  3. Sisa buttercream diberi warna hijau untuk dedaunan dan egg yellow untuk kelopak bunga. Jika suka, buat 2 shade untuk masing-masing warna.
  4. Buat pola bagian tengah bunga. Bila menggunakan biskuit, tempelkan biskuit dan potongan-potongannya secara acak. Bila menggunakan buttercream saja, buat lingkaran-lingkaran aneka ukuran secara acak dengan ganache dan spuit polos.
  5. Isi bagian tengah bunga dengan buttercream coklat, menggunakan spuit bintang kecil, hingga penuh. Kerjakan untuk seluruh bulatan.
  6. Buat kelopak bunga dengan buttercream kuning di sekeliling bulatan, menggunakan spuit daun (#67 atau daun ukuran sedang). Buat dua lapisan kelopak untuk masing-masing bulatan.
  7. Hias border bagian bawah kue dengan buttercream hijau, menggunakan spuit yang sama (daun #67).

 
Jadi deh🙂 ……..
 
Everybody sing!
The sun will come out tomorrow…
 
Sunflower Cake

32 thoughts on “Brighten Your Day!”

  1. WOW.. I’ll never be able to make it, absolutely!!
    Aduh, kembangnya ada yg pake aksen jato tp kok bisa gak jato yah?…
    Bravo,Mbak R!!!

  2. huahahaha..sanking serius ngeliat fotonya sampe ga baca introductionnya..hehehe..ga usah dijawab mba..dah terjelaskan..:D

  3. lovely lovely lovely. Penasaran ku terpuaskan, secara aku nomail di NCC, jadi kemaren-kemaren cuma bisa baca komentar NCCers tentang sunflower cake ini tapi gak bisa liat wujudnya, akhirnya bisa liat juga. Bravo Riana!

  4. Whaaaa…Nikka Costa …aku juga punya ….hehehe …lhoh kok malah ngomentarin lagunya …abisan sambil bengong lihatin kuehnya bagus banget dikepala langung muter lagu tomorrow nya nikka Costa ..heheh …Mbak Riana Jagoan pisan …

  5. Ayu tenan…jadi gatel nih pengen nyoba. Resep BC nya kan spt yg di blog ini kan. Eh sekalian mau ngucapin terima kasih nih.. pennylane brownisnya enak banget. Jualanku yg paling laku deh..

  6. wow….cantiiik..banget! salut deh ama riana, step by stepnya bikin ‘melek’ yg tadinya awam ama cake decorating. sukses ya!

  7. bravo,jadi giler sendiri aku : )……..mbak nanya lagi nih ,apakah code spuit diseluruh dunia sama…… karna aku nggak tau spuit daun itu bentuknya gimana ,jadi kalo bisa aku mau nanya langsung ama penjualnya tentang spuit #67…..takut juga penjualnya malah nggak tau.

    Sama, asalkan si penjual ngejual spuit yang memang bernomor sesuai standard. Kalo di TBK, pasti semua tau. Tapi kalo di pasar tradisional yang spuitnya gak bernomor standard, bilang aja spuit daun. Ada beraneka ukuran, pilih yang ukuran sedang. ———-Riana

  8. Hallo Riana, wah kamu bikin menggoda orang untuk nyobain bikin sunflower cakenya deh. Terima kasih ya dengan ilmu per-blog-annya. Aku udah ubah tampilannnya lho.

    Weiisss… cantik loh blognya😀 Semoga bermanfaat ya ilmunya ————-Riana

  9. hahaha… gw keduluan, waktu liat di internet bbrp hari lalu gw udah mikir mo bikin kue ultah ini buat ultah gw sept besok… eh elo udah bikin duluan… hehehehhee… great job, girl!

    Nongky, kalo ultah tuh yang ada dibikinin kue, bukan bikin kue. Hihihi… susye deh baker… Gimana kalo Zidan ama Syifa aja yang menghias kue ultah elo? Seru kaliii😀 ————Riana

  10. Mbak Riana salam kenal yah.Saya fans berat blog ini nih. Saking ngefans-nya picture2 disini saya jadiin wallpaper di kompi kantor. Alhasil temen2 yg ngeliat pada ngiler deh..😉

    Whoa, it’s an honor… Thank youuuu… I’m flattered neh.. ciee…😀 —————Riana

  11. Ri, gue suka banget sama film annie, apalagi yg asli, yg main aileen quinn😀
    yum..yum…bikinin gue kue bunga hydrangea dong!

    Kayak ape tuh kembang? Kasih gue potonya🙂 ————Riana

  12. mbak, salam kenal. Postingan baru dong.. hehehe… pengen liat kue2 cantik nih. Kapan hari, saya coba kue profit rollnya, wah uenak banget: renyah! Thanks loh tips2nya. Mbak ini kayaknya tinggal di daerah jati padang ya? Deket tuh sama saya, karena saya langsung ngeh waktu mbak bilang koperasi, dan naek angkot sekali kalo mo ke mall cilandak. Hehe. Blognya saya link, boleh tidak? Abis banyak link2 ke blog laen juga….

    Halu, sesama penduduk pasar minggu! Hihihi… aku di Pejaten, say.. ————-Riana

  13. mbak riana, krn keseingan ngintip blognyah, aku jadi bikin satu deh ..btw, aku link yah mbak..soalnya ini blog favorit aku..

    Aaaaaaaah, mosyok seeeeeh…. *malu* —————-Riana

  14. Riana, lagunya gue hafal banget tuh !! lagu favorit gw banget jaman dulu sampe sekarang. nikka costa. Arfi , itu lagu beneran kok, ga ngayal. kuenya bikin ngiler say. idenya ga abis2 ya. top banget. Bunga matahari !! waww… ga kepikir sebelumnya.

  15. mba riana, bagus sekalee deh. yang pasti i ampe selama beberapa detik terbengong- bengong ( karena takjub….!)

  16. Jeng Ri,

    Kalo pake spuit daun, supaya ujungnya bisa lancip gitu di apain ya? kalo aku, mesti pake bantuan tusuk gigi/sate, satu per satu. Lama nian…

    Buttercreamnya harus agak encer. Kalo terlalu kaku, dia gak mau lancip waktu spuitnya ditarik.

    Trus supaya bisa berkesan numpuk kelopaknya, berarti kelopak yang bawah mesti diberi jarak sedikit dari bagian tengah bunga nya ya?

    Bisa juga. Yang pasti, tiap kelopak pada lapisan berikutnya, usahakan berada di antara dua kelopak lapisan sebelumnya. Jadi kayak selang-seling gitu, efek numpuknya keluar.

    Trus satu lagi, aku kemaren coba main2 butter cream, trus waktu aku coba bikin daun yang berdiri (di sisi samping cake) kok setelah beberapa saat daunnya “jatuh” ya…..

    Waduh, kayaknya aku harus liat deh kuenya. Mungkin kurang nempel ke dinding kue.

    Please help ya….

  17. Mbak Ri, yang cuantek, baik hati dan tidak sombonk, mo numpang nanya nich, klu mo bikin cake untuk tart itu yg paling enak apa yach ? Sponge cake biasa ato black forest ? Soalnya lagi pengen coba2in dulu belajar krn Bulan February nanti 2 jagoanku mo Ulang Tahun nih jadi ceritanya pengen bikin sendiri, biar nggak malu2in pingin aku pelajarin dari sekarang . Makasi b’rat buat jawabannya.

    Lita, mudahan-mudahan postingan ini bisa sedikit membantu ———-Riana

  18. hi Riana (sok kenal nih!) sorry ya kue mataharinya aku contek tuh,abis keren banget sih,engga mirip sih,soalnya kayanya agak2 susah sih ! oya mo tanya selain buttercream,apa saja yg bisa dibuat menghias/menutupi kue ? soalnya ditempat tinggalku gak nemu hollman n susu kental manis mahal banget,klu whippedcream gimana ? plz infonya ya say … (maksa nih !) thx

    Whipped cream lebih gampang leleh aja, dan gak asik diwarna-warnain. Pake resep buttercream biasa aja, banyak kok di internet. Macem2 lagi. Ada yang mentega doang plus gula, ada yang a la perancis pake putih telur, dll. Happy browsing! —–Riana

  19. Maaf mbak, saya lebih tertarik sama lagu nikka costa-nya.kira2 mbak masih punya kasetnya ?(yg dari tahun 84an tuh kayanya). kalau ada kabar, sms saya di 08158833815.
    Makasih mbak..

    Duh, jawab di sini aja ya, hehehe…
    Kasetnya, hmm.. udah entah di mana, adanya MP3nya. Tapi kualitas suaranya jelek banget tuh.. ——–Riana

  20. That’s the most creative and beautiful cake I’ve ever seen.
    My goodness, I envy you so much with the ability to make such a beautiful cake. Excellent job.

  21. Wow…Nikka Costa! Aku suka. Lagunya enak semua. Ih, jd ngomongin lagu. Iyalah, kuenya mah ga usah dikomen lagi, produk pennylanekitchen! Tp ada satu lagu lg mbak yg cocok buat si sunflower cake : “Here comes the sun, here comes the sun…And I say it’s alright.” The Beatles, tau kan? Tau dong pastinya! Pennylane gitu loch! Your nick name says it all. Hehehe…

    Yup, yup, yup!!!!!
     
    http://stat.radioblogclub.com/radio.blog/skins/mini/player.swf
     
    Here comes the sun, here comes the sun,
    and I say it’s all right
     
    Little darling, it’s been a long cold lonely winter
    Little darling, it feels like years since it’s been here
    Here comes the sun, here comes the sun
    and I say it’s all right
     
    Little darling, the smiles returning to the faces
    Little darling, it seems like years since it’s been here
    Here comes the sun, here comes the sun
    and I say it’s all right
     
    Sun, sun, sun, here it comes…
     
    Little darling, I feel that ice is slowly melting
    Little darling, it seems like years since it’s been clear
    Here comes the sun, here comes the sun,
    and I say it’s all right
    It’s all right
     
    Here Comes The Sun – The Beatles

Leave a Reply

