Cakalang Bread, Tear-Off Bread

Cakalang Bread

 

It’s really nice when you have a book that you can completely rely on. As for me, it’s this Bread Book by Manfred Lange and Bogasari Baking Center. It will take you to a new level of understanding about bread world. The book is big, large photos and illustrations, it is also an obligatory handbook for every student of Bogasari Baking center.

The recipes never let me down. I tried its Donut and Polo Bread, they turned out wonderful. This Roti Sobek has the soft texture I always love in bread. It looks beautiful in the pan, and when you rip-off one section from the others, it’s just fun to do😀

Roti Sobek
(Source: "Roti" by Manfred Lange & Bogasari Baking Center)

Bahan:
roti sobek di bukunya manfred600 g tepung terigu protein tinggi
400 gr tepung terigu serbaguna
250 g gula pasir
40 g susu bubuk
35 gr ragi instan
15 gr garam
150 gr telur
370 ml air
140 g margarin

Instruction:

  1. Campur tepung, gula, susu, ragi dan garam, aduk semua bahan sampai tercampur rata. Tambahkan telur, air dan margarin, uleni hingga kalis.
  2. Biarkan adonan selama 30 menit sampai mengembang. Kempiskan adonan, bentuk memanjang agar mudah dipotong-potong.
  3. Potong-potong adonan dan timbang masing-masing 40 gr. Bulatkan dan diamkan lagi selama 10 menit. Buang gas dengan cara mengempisakan adonan, lalu isi sesuai selera, dan buat dalam berbagai bentuk. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Letakkan satu persatu adonan ke dalam loyang bundar bergaris tengah 20 cm yang telah diolesi margarin hingga loyang penuh. Biarkan sampai mengembang selama 60-90 menit. Olesi permukaan adonan dengan kuning telur.
  5. Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan, panggang pada suhu 180 derajat Celcius selama 20 menit hingga matang, keluarkan dari oven. Panas-panas, olesi permukaan kue dengan mentega/margarin agar mengkilap.

Tear-Off Bread and Cakalang Bread  Tear-Off Bread

 
Filling
(by Riana)

Coklat:
Coklat blok, potong-potong kecil

Keju Krim:

Keju krim secukupnya, aduk dengan 1-2 sdt gula pasir sesuai selera

Abon Cakalang:

Abon cakalang secukupnya, aduk dengan 1-2 sdm margarin secukupnya sesuai selera.

43 thoughts on “Cakalang Bread, Tear-Off Bread”

  1. Mbak Riana….aku pernah coba bikin roti pake resep roti taiwan…waktu masih hangat enak..empuk…tapi pas dah dingin kenapa jadi keras sekaleee…apa karena kurang kalis ya waktu ngadoninnya…btw…punya foto adonan roti yang kalis itu yang pegimane sih mbak…kekekek..panjang bener

    Dinginnya di suhu ruang apa di kulkas? Kalo di kulkas ya jelas keras, kekeke…. Sewajarnya, roti kalo dingin di suhu ruang gak keras. Kalopun mengeras, biasanya mengeras sewajarnya aja, dan emang takdirnya paling enak kalo dimakan anget2, jadi angetin aja di oven or kukus sebentar, empuk lagi deh.
    Adonan roti yang kalis itu adalah: adonannya gak lengket di tangan or mangkuk, lembut, lentur, mengkilat dan halus. Ambil sejumput adonan dan renggangkan. Doi harus mampu merenggang sampe tipis dan berbayang, tanpa robek.
    Happy rising! —————Riana

  2. sama nih handbooknya, aku juga sukses pertama bikin roti pake resep pak Lange.. sekarang hampir sering bikin roti, abis lebih gampang dari bikin cake *buat aku lo*.. padahal ngulenin pake tangan ga pake mesin, mana isi kita bisa taruh sesuka hati, kadang sampai meledak tuh coklat saking kebanyakan ..

    Embeeeeer… coklatnya sampe meledak meleleh-leleh, yumm.. hihihihi…. Sampe berasanya makan coklat pake roti😀 ———–Riana

  3. Mbak Riana, apa kabarnya? Akhirnya ada juga foto2 baru😀 kayaknya roti sobek lagi ngetop yak… saya juga beberapa hari yang lalu buat roti sobek… laris manis orang rumah pada doyan😀 Met wiken ya mbakkk…

    Kayaknya ngetopnya di rumah kita berdua deh, hihihi… ————-Riana

  4. salam dr saya buat Mbak Riana. Happy dpt lungsuri website Mbak. saya berminat skali membuat roti. Boleh saya tahu dmana saya boleh dapati Buku Manfred Lange & Bogasari Baking Centre ini di singapore. Harap Mbak Riana dpt membantu saya.
    Tq.
    Liakarman

    Di Singapore? Waduh, aku kurang tau tuh dijual apa nggak ya di Singapore? Gimana kalo langsung menghubungi ke Gramedia aja dan minta dikirimin? ————Riana

  5. bu…gw juga mau dong bukunya…bisa pesen gak sama elo?😀 serius nih….elo tau kan gue doyan roti…

    Hehehe…. gue ingeeeet… Soale gue juga maniak roti🙂
    Ya udah gue jadiin satu ke daftar belanjanya elo yang di gue yeee…😀 ————-Riana

  6. Mau coba bantu jawab pertanyaan mengenai buku karangan Manfred Lange & Bogasari Baking Center. Aku udah pernah beli bukunya di toko buku gramedia. sekitar tahun lalu gitu, kalo gak salah harganya Rp. 80 ribu. isinya emang oke banget, baik untuk beginner, maupun buat mereka yang memang mau berkecimpung dalam bisnis pe-roti-an. lengkap dengan segala macam teorinya. pokoknya oke deh!

    Btw, mbak Riana, foto roti sobeknya cantik sekali lho. sangat menggoda.. hehehe. jadi pengen bikin juga.. (terakhir aku bikin loyangnya agak kekecilan, alhasil rotinya seperti mau meledak dari tempatnya. hahaha).

    Keep baking🙂

    Sulis, thanks tambahan infonya. Kita Manfred’s Fans Club donk nih ya😀 ————Riana

  7. tanya dongg tanyaa… margarinenya harus dicairin gk? trus ini 1 resep jadinya 1 loyang doang kan?..trus trus tuh roti abonnya kok gk keliatan kaya bekas disobek ya, keliatan bulet perfect gitu

    Len,
    margarinnya gak usah dicairin.
    Kalo aku bikin 1/2 resep jadinya 1 loyang 20 dan adonan masih sisa. Jadi sisa adonan aku bikin ‘roti gak sobek’. Hehehe.. jadi si roti cakalang emang aku buletin biasa aja.
    Selamat bikin rutiiii ————–Riana

  8. Riana…150 gr tlur kira2 brapa butir, berikut putihnya nggak tuch? ehh nggak pake bread improver empuks juga ya:)…thanks ya

    Kira-kiranya 3 butir. Tapi tetep ditimbang ya ketika bikinnya. Kalo gak disebutkan “kuningnya saja”, berarti berikut putihnya, aliyas utuh. Selamat membuat lutiii… ———————–Riana

  9. mbak Riana, saya nyobain resep pas weekend kmrn tapi koq jadinya agak keras ya? terutama waktu sdh dingin. apa nguleninnya kurang kalis? emang ada satu hal yg ngeganjel pas buatnya: saya lupa ngluarin margarine dari kulkas! akibatnya margarine saya tetep make yg masih dingin dan sedikit keras itu. Apa margarine yg bikin keras ya mbak?

    Ais,
    hmm…
    Kalo pengaruh suhu margarin, aku kurang tahu juga ya, walaupun memang kalo di bukunya, semua bahan harus di suhu ruang tuh, gak boleh ada yang dingin.. Tapi kalo kurang kalis emang terkadang bisa bikin keras, selain tekstur yang kurang bagus. Tandanya kalis: adonan lembut dan lentur tapi gak nempel di wadah dan tangan, bisa diregangin sampe tipis berbayang tapi gak robek, penampilannya licin dan mulus.

    Roti ini jadinya lembut kok, aku sampe heran sendiri kok bisa lembut dan bertekstur bagus tanpa bread improver.

    Oya, airnya masukin sedikit demi sedikit ya, jangan sekaligus. Kalo kira-kira adonan udah cukup bagus, air bisa dihentikan pemberiannya. Atau bisa juga ditambah sedikit kalo kelihatannya kurang. Soalnya kadar air dalam terigu bisa beda2 tergantung kondisi lingkungan, jadi bisa kurang atau lebih dari yang disebutkan di resep. Ini bukan resepnya menyesatkan loh, tapi emang termasuk teknik dasar bikin roti.

    Coba lagi deh… sukses ya… ——————Riana

  10. wiii ….aku pengen bisa bikin ruti kayak gini …mbak..mbak ..bukunya beli dimana sih hehehe ….😀

    Di toko buku banyak, say…… Happy hunting! ————Riana

  11. bukunya ga ada di gramed.. dah lama kali yah.. yang adanya buku baru yang judulnya pastry itu loh.. bagus bukunya.. jadi pengen mendalami pastry.. btw mau donk buku yang ttg roti nya… bisa pesen ma mbak riana ga?? tengkiu..

    Waaa, gak bisa pesen di aku, say. Btw, yang aku tau bukunya dijual juga di Toko Titan tuh.. Happy hunting ya… ———–Riana

  12. Mbak.. itu atasnya diolesin apa seh biar bisa mengkilap2 githu? kmrn aku cobain pake kuning telur.. jadinya tapi ada yg mengkilap tapi ada yg engga.. terus jadi jelek karna aku kurang rata ngolesin nya hehehe.. tengkyu.. *thanks for ur blog… helpful banget n resepnya T O P deh🙂

    Ayu, jangan lupa sekeluarnya roti dari oven, rotinya diolesin mentega supaya mengkilat. *barusan aku update di atas ya* Thanks udah ngingetin :* ———-Riana

  13. Tuh buku emang kayaknya udah hampir hilang dari peredaran toko buku gramedia khususnya. abis udah cukup lama juga sih. paling kalo ada mungkin yang udah agak-agak lusuh gitu. hehehe. untung aku udah keburu beli waktu itu😉. anyway, mbak riana, kalo akau biar keliatan lebih mengkilap aku campur antara mentega leleh, kuning telur dengan sedikit susu evaporasi.. (kehebohan ya.. hahaha..). aku olesinnya pas udah mo dipanggang en setelah baru keluar dari oven. untuk adonan rotinya aku tambahin sedikit vanili dan margarinnya aku ganti dengan butter agar lebih mantap. hehehe. cuma kok aku jumlah air segitu agak kurang ya, mbak? alhasil aku tambahin lagi sampai hampir 500ml gitu. and it turned out better. btw, cream cheese filling-nya oke lho.. i love it🙂. trus, aku modif dikit tambah selai bluberry di dalam cream cheese filling-nya. it worked pretty well for me.

    Manfred’s Fans Club? hmm..sounds interesting. hahaha. sekarang aku mo coba yang buku pastry-nya ah😉

    iiiih, kamu ok banget deh modif-modif resepnya. Iya airnya emang bisa kurang bisa lebih tuh jumlahnya. Nah ngolesnya emang lebih ok kayak kamu gitu, dicampur susu evaporated sama mentega leleh.
    So everybody, kalo mo’ modif2, ikutin aja deh petunjo’ jeng Sulis ini ya, hihihi…. ———Riana

  14. aduh, makasih banget buat pujiannya, mbak riana. aku kok jadi tersipu-sipu malu gini. hahaha. *GUBRAK*. tapi, to be honest, aku masih kalah kelas sama situ ah.. aku seneng banget di sini (dan juga di milis NCC) bisa sharing dan dapet banyak masukan berharga. pokoknya simbiosis mutualisme deh🙂. ditunggu resep-resep berikutnya ya mbak. hihihi :p

    —Sulis

  15. mbak riana, tau gak dimana ada yg jual gandum (tanamannya) yg belum jadi tepung, tp masi berupa kayak padi gitu loh.. Soalnya kata temenku yg orang jerman, gabah gandumnya itu justru yg lebi bagus utk buat roti drpd gandum yg sudah digiling alias tepungnya.
    Bisa bantu? Makasih banyak yah!!!
    Trus satu lagi, bukunya Manfred Lange itu ada di gramedia? ada resep2 roti apa aja?? kasi bocoran duuooonkk…🙂
    thx a muchie

    Waduh, aku gak tau tuh di mana yang jual gandum yang belum jadi.
    Bukunya Manfred harusnya ad di Gramedia, soalnya aku belinya dulu juga di situ. Tapi menurut kabar angin, rada jarang sekarang (laku kali ye). Yang biasanya selalu ada sih di Titan.
    Resep rotinya macem-macem dari seluruh dunia. Bocorannya banyak tuh di milis, di blognya Yanna juga ada beberapa. ———Riana

  16. Mbak Lam kenal yah Aduh tu’ roti menggoda banget sih, aku penasaran nih mau coba. Mbak boleh aku link nggak..? Aku suka banget liat resep2nya yummy banget seh….thanks

    Boleh lah dunk dunk tralala ———Riana

  17. Ini buat Dayana yang nanya tentang tepung gandum. coba cari di supermarket, namanya wholemeal flour. Buat Riana, your blog is ewesome! Your NYCC makes my hubby very happy.😉. I put some lemon rind to the mixture and the flavor is amazing. Thanks again.

    Thanks! Yep, NYCC emang gak ada matinya! —————-Riana

  18. Mau tanya dong..Buku “Roti”-nya itu loh…ada edisi ke berapa-nya ngga ? diterbit-kan thn berapa ? jadi lbh jelas kalau mau nitip ke iparku info-nya. aku mau coba cari di Gramedia Bandung & Jkt.
    Terima kasih..

    Wadoooow, aku harus liat dulu yak.. Kayaknya sih masih cetakan pertama deh (cmiiw). Kalo mereka memang punya bukunya, maka buku ini akan mudah kok dicarinya. Happy hunting! ————-Riana

  19. Kalau Bread Improver itu ada di Hero ngga ? 1 pkg-nya berapa gram ? & ada expired date-nya juga ?
    lagi mikir mau brp byk belinya utk diangkut kesini🙂 krn disini ngga ada Bread Improver.
    Thanks for the Infos..

    Kalo Hero sih kayaknya jarang. Tapi aku pernah nemu di supermarket lainnya. Cari di pasar mungkin justru ada tuh. Yang jelas di TBK pasti ada. Dijual dalam kemasan 50 g sampai kiloan. Expired datenya ada donk. Mendingan kamu carinya ke TBK aja deh, biar pasti ada. Happy hunting! ——-Riana

  20. Dear Riana…Kemarin aku coba bikin NYCC lagi…2x dalam 4 hari terakhir ini!! Karena merasa berdosa,:p , aku coba pake light cream cheese dan light sour ceam. The taste is really good….BUT it is weeping (watery). Can you please share the light? Thanks…

    Huehahaha….. For every sin, there’s never an easy way out . ————Riana

  21. Trish, thanks for the infos!! Tuh tepung keluarannya bogasari juga bukan?? Makasiihh.. :p

    Mbak R, kata temen ku ada atta flour produk bogasari, merk dagangnya “taj mahal”. Tapi kok aku gak perna liat di supermarket yah???

    Iya, Bogasari.
    Taj Mahal emang jarang dijual di Supermarket (kecuali D’Best Fatmawati). Justru di pasar tradisional lebih sering kelihatan. ——-Riana

  22. Dimana ya bisa beli buku “roti”? Saya tinggalnya di New Zealand

    Wah, kalo di NZ aku gak tau belinya di mana, Lin. Nitip aja ke sodara? Atau mau nitip aku? ——–Riana

  23. Riana met kenal yah .mau tanya nih aku di Sydney mau titip buku roti bisa engga ? siapa tau lagi mau holiday kesini ayo hi…

    Bisa aja, tapi kayaknya aku gak ada rencana ke sana, hehehe.. Jadi gimana tuh? Ada family yang mau ke sana gak? ——Riana

  24. Mbak Riana, salam kenal ya. Saya pernah baca adonan resep rotinya pake air es, apa bisa kembang ya, padahal ada saft instant yang harus dilarutin sama air hangat. Apa manfaatnya air es itu ? thanks mbak bisa nambah kenalan.

    Bisa donk. Air es digunakan untuk membantu mencapai suhu ideal adonan roti. Suhu ideal adonan tepung sekitar 25-28 derajat Celcius. Di Indonesia yang puanas ini, susah ngedapetin suhu adonan segitu, apalagi kalo ruangannya gak berAC. Jadi dipake air es sebagai bantuannya. ———–Riana

  25. mau tanya yach mbak kalo tepung cakra di luar negeri gak ada pake tepung apah yach?saya mau bikin roti sosis rotinya gk jadi2.

    Lily, biasanya disebutnya Bread Flour? cmiiw ———–Riana

  26. Ok mbak riana makasih yach.Sayah sudah mencoba jadi kok pake tepu bread flour.Tapi sayah heran kenapah keras yach?:D
    heheh…bisa diketok2 di kepala ituh roti sayah.huehuehe..thank you..

    Walaaaah… kenapa yaaaa…?? Yang paling mungkin adalah tepungnya mungkin beda ya, cmiiw. Sebetulnya keras-lembutnya roti udah bisa ketauan ketika tahap pengulenan. Kalo adonan dirasa solid banget, gak kenyal, hampir pasti roti akan keras. Biasanya jumlah airnya kurang, bisa ditambah sedikit demi sedikit sampe dapet adonan yang kenyal dan kalis. Kadar air ini bisa beda2 tiap tempat, karena berhubungan dengan kelembaban udara, cara menyimpan tepung, kadar air dalam tepung, dll. All in all, bikin roti emang gam-gam-sus, aliyas gampang-gampang-susah, tapi kalo kita udah kuasain prinsip2 dasarnya, antara lain pengaturan kadar air itu, Insya Allah gak akan kesulitan bikin roti. Jangan kapok ya… ————–Riana

  27. Mba Riana, cuman mau laporan…setelah gagal total bikin carrot cake… masih trauma sih mau nyoba lagi…jadi akhirnya cobain roti sobek dulu…and guess what!!! cuantekkkkkkkkkk………. thanks yach Mba…

  28. Ri, aku dah lama banget pengen nanya nih soal coklat leleh. Kamu tahu cara ideal buat lelehin coklat untuk toping donat atau roti? Pernah coba couple of times, tapi kok jadinya gak sreg gitu. What’s the technique and should we add something? Thanks! You’re my “guru”.. hehehe🙂

    Haduh, jangan “guru” donk ah.. *blushing*
    Gak sregnya kenapa? Gak mengkilat? Ngegerindil?
    Coklat gak boleh kena paparan panas berlebihan, nanti dia gak mengkilat lagi. Kalo ngelelehinnya pake cara tim, cukup ditim di atas air panas aja, jangan air mendidih. Jadi si kompor matiin dulu, baru panci berisi coklatnya ditarok di atas air panas yang TIDAK MENDIDIH itu. (note: coklatnya udah dipotong-potong sekecil mungkin)
    Penambahan sedikit butter juga bisa bikin lebih shiny. Kalo diinginkan si topping nantinya membeku, butternya gak usah banyak-banyak. 1-2 sdm aja untuk 300-500 gr coklat.
    Coklat juga gak boleh kecipratan air setetespun, karena nanti menggumpal.
    So far, teknik yang paling aman yang pernah aku coba ya dihangatkan di atas air panas. Pake microwave bisa juga, tapi untuk coklat putih kurang cocok, karena cenderung terlalu panas dan coklat putihnya menggumpal karena kepanasan.
    Cara lain, masukan potongan coklat ke plastik segitiga, lalu masukkan dalam magic jar yang menyala. Aku jarang pake cara ini karena concern dengan reaksi plastik panas dengan makanan, tapi bisa juga kalau mau dicoba. Hati-hati dengan tetesan airnya. Lap dulu uap airnya sebelum menggunting ujung plastik.
    Happy melting! ——–Riana

  29. allow mba….”slm knl yah”
    oh ya,aku mau nanya nich susu evaporasi buat ngoles roti biasanya dijual dlm bntk apa yah? cair or bubuk? nanya lg,klo prime cake margarin itu apa sih? contoh produknya?🙂 maaf yah banyak nanya,soalnya lg bljr buat roti nich. makasih yah….
    Salam kenal juga, Natali🙂

    Evaporated milk biasa dijual dalam bentuk cair dalam kaleng. Kalo di supermarket, biasanya jejeran sama susu kaleng Bear Brand.
    Prime cake margarine biasanya sebutan untuk margarin super yang khusus untuk bikin kue. Margarin ini baunya harum seperti mentega (butter) dan biasanya lebih lembut dari margarin biasa. Ada yang bisa dipakai sendirian, ada juga yang sebaiknya dicampur margarin biasa. Contoh produknya seperti Corman, BOS, Hollman, dll.
    Selamat bikin roti, aku juga hobi bikin roti🙂 ———-Riana

  30. riii….
    piye kabare…..
    akhirnya hari ini kesampaian juga bikin roti sobek, salah satu new year resolution syl nich – bikin roti.
    rada cepet juga terealisasinya😉
    uenaknya… pollll…
    thank you for sharing the recipe

    Syl! Alhamdulillah sehat.. How are you?
    Aaah, ya roti sobek ini emang enak bangeeet.. Glad you liked it🙂

  31. halo mbak…salam kenal..
    saya tertarik mencoba resep roti sobeknya…
    mau tanya, telur nya ditimbang berikut kulitnya atau ngak ya?
    thx🙂

  32. Salam kenal Mbak Riana…, saya Herti, domisili di Sydney, makasih banget dikasih resep roti sobeknya, udah nyobain bikin tadi, 1/2 resep aja, jadinya bagus banget, pdhal salah kasih yeast tuh, cuma ngasih 10 gr u/ 1/2 resep itu, salah baca resep sih…, tapi hasilnya masih ok banget. Mau dong resep2 roti/donat yg laennya… yg ok2 kayak gini ini…tengkyu.

  33. Hai… haii… salam kenal… gw lulusan stm sekarang jadi tukang bikin roti… dgn resep yang mbak tampilkan … tapi tetap aja teksturnya keriii…..ng…. ha ha ha kayak keripik… jadi makan roti nya harus dgn minum banyak aerrr… apa ada bahan yang di sembunyikan… mbak…

    Walah, gak ada yang diumpet-umpetin mas, wong resepnya juga buatan orang lain kok, hehehe… Resep ini udah teruji banyak orang loh, gak kering, malah lembut dan moist. Mungkin memanggangnya terlalu lama? Saya kalo manggang roti kelamaan juga rotinya jadi kering, terutama kulit dan bagian bawahnya. ——–Riana

  34. mbak Ri.. aku ada coba bikin roti, hasilnya uda bagus tapi di kulit atasnya itu kok ga bisa halus rata waran coklat, tapi ada kaya bintik2 dan di dalamnya seperti ada rongga udara.. kenapa ya? makasih banget ya mbakk..

  35. mbak saya sudah 4x bikin roti koq ga pernah sampe kalis yah? huhuhu.. Jadi rotinya itu hasilnya rongga udaranya tidak teratur. Gmn seh supaya roti gampang kalis? Oya bukunya OK bgt!!

  36. mbak minta tolong ilmunya dunk. saya bikin roti 4x koq ga bs kalis? huhuhu.. gmn seh biar cpt kalis? btw bukunya bagus bgt apalagi bwat newbie kayak saya.

    Biar cepet kalis? Nguleninnya pake apa? Mesin apa tangan? Kalo pake tangan, tenaganya harus cukup kuat. Pasti kalis kok. Maunya secepet apa? Memang gak 5 menit kalis lah, 15 menit, maybe more.. ———–Riana

  37. mba…tolong donk resep untuk buat magic cream yang di pakai untuk roti abon kaya brad talk

    Itu mayonnaise, diaduk dengan susu kental manis secukupnya. Magic. ——-Riana

  38. Salam kenal Mbak, saya kagum skl sama Mbak Riana…serba bisa.. mbak boleh gak nitip dibeliin buku rotinya..? Makasih sebelumnya ya mbak..🙂

    Bukan serba bisa, kebanyakan maunya..
    Boleh, .. gimana caranya?
    ——–Riana

  39. Mbak, kalau harga tepung taj mahal 1 kg nya sekitar brapa ya? di supermarket mana ya jualnya?? Makasi banyak….^^

    Waduh, gak inget tuh, terakhir liat Taj Mahal udah lama banget dan udah gak pernah liat lagi di mana-mana. Beli tepung wholewheat di Titan ada, repack, gak nanya merknya apa. ———-Riana

Leave a Reply

